Bentuk Muka Bumi Daratan dan Pengertiannya

Loading...
Pembahasan kali ini akan membahas tentang bentuk muka bumi daratan dan lautan, bentuk muka bumi di daratan, bentuk muka bumi daratan, bentuk muka bumi di daratan dan lautan, pengertian pegunungan, pengertian dari pegunungan, pengertian gunung dan pengertian darata.


Muka Bumi

kemungkinan sebagai penunjang kehidupan yang terdapat di wilayah tersebut. Berbagai bentuk muka bumi sebagai akibat tenaga yang berasal dari dalam bumi disebut tenaga endogen, sedangkan tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi disebut tenaga eksogen.

Bentuk-bentuk Muka Bumi di Daratan

Bentuk Muka Bumi Daratan dan Pengertiannya
Gambar: Bentuk Bumi

Dari hasil tenaga endogen dan tenaga eksogen kita dapatkan bentuk-bentuk muka bumi berupa daratan seperti berikut.

1) Pegunungan

Pegunungan adalah sebuah dataran yang menjulang lebih tinggi dari sekelilingnya. Dalam pengertian yang lain, pegunungan adalah perbukitan yang berketinggian antara 500 m-600 m dari permukaan laut.
Pegunungan berlereng terjal, dengan relief sekitar yang curam dan kawasan puncak yang relatif lebar. Pegunungan merupakan rangkaian beberapa gunung.

Gunung-gunung yang berjejer membentuk pegunungan yang panjangnya dapat mencapai ribuan kilometer serta membutuhkan waktu jutaan tahun untuk terbentuk.

Karena adanya pertumbukan dua lempeng litosfer maka akan terjadi suatu proses pelipatan kulit bumi. Hal ini terbentuk karena kerak samudra menekan dengan arah mendatar, sehingga pada kerak benua di beberapa wilayah terbentuk suatu pegunungan lipatan.

Jadi dapat kita pastikan bahwa pada setiap zona tumbukan dua lempeng jalurjalur pegunungan yang memanjang.

2) Gunung

Gunung adalah suatu jenis bentuk muka bumi yang terdiri dari lereng dan puncak. Jika kelerengannya kurang dari 45O dinamakan gunung dengan kelerengan landai, jika lebih dari 45O dinamakan gunung dengan kelerengan curam, dan jika kelerengan 90O dinamakan tegak.

3) Daratan

Dalam geografi, daratan adalah bagian permukaan bumi yang secara tetap (permanen) tidak tertutupi oleh air laut.
Istilah darat digunakan secara lebih umum, sedangkan "daratan" digunakan dengan batasan geografis. Permukaan bumi yang tertutupi oleh air lainnya, seperti sungai, rawa, atau danau, merupakan bagian dari daratan, tetapi secara umum tidak disebut sebagai darat.

Daratan merupakan tempat hidup (habitat) bagi kebanyakan tumbuhan dan bagi banyak hewan yang bergantung secara langsung maupun tidak langsung darinya. Sumber: Wikipedia

0 Response to "Bentuk Muka Bumi Daratan dan Pengertiannya"

Post a Comment