Unsur-unsur Intrinsik Drama dan Pengertiannya

Loading...
Pembahasan kali ini adalah tentang unsur-unsur intrinsik drama, secara umum sebenarnya hampir sama dengan unsur-unsur intrinsik cerpen, pengertian unsur intrinsik drama, contoh drama beserta unsur-unsur intrinsiknya.

Unsur Intrinsik Drama

Sebagaimana jenis cerita yang lain, drama juga memiliki unsur-unsur pembangun yang harus kalian ketahui sebelum menulis naskah drama. Unsur-unsur itu sebagai berikut.

a. Latar/seting

Tempat/waktu peristiwa cerita, dalam menulis naskah drama harus dijelaskan tata panggung untuk menyatakan latar/setting.

b. Alur

Perjalanan cerita, dari satu babak ke babak yang lain harus menunjukkan jalinan cerita yang mengikuti tahapan alur cerita.
Unsur-unsur Intrinsik Drama dan Pengertiannya
Gambar: Unsut Intrinsik Drama

c. Tokoh/pelaku

Perwatakan, melalui dialog pelaku harus dapat menunjukkan perwatakan para tokohnya.

d. Dialog

Ciri khas naskah drama adalah wujudnya berupa dialog atau percakapan satu tokoh dengan tokoh yang lain pada setiap babak.

e. Gesture

Ekspresi tokoh dalam bermain peran, gerakan, blocking dan laku yang lain yang harus dilakukan oleh pelaku harus tertulis pada naskah.

f. Properti/kelengkapan

Pada setiap babak harus dijelaskan peralatan panggung dan juga peralatan pendukung seperti lampu, pengeras suara dan sebagainya.

0 Response to "Unsur-unsur Intrinsik Drama dan Pengertiannya"

Post a Comment