Sejarah Perang Dunia ke 2 Terlengkap

Lahirnya Negara maju maupun Negara berkembang tidak lepas dari dampak dan pengaruh perang dunia ke 2. Pada pembahasan kali ini membahas sebab umum dan sebab khusus perang dunia ke 2 dan  kronologi perang dunia ke 2, serta dampak dan akibat perang dunia 2 terhadap Indonesia

Pengaruh Perang Dunia II bagi Indonesia


Muncul dan berkembangnya negara maju maupun negara berkembang tidak terlepas dari Perang Dunia II. Hampir seluruh bagian di muka bumi berkecamuk peperangan.

Perang tersebut terjadi antara blok Sekutu dan blok Sentral dan menewaskan jutaan umat manusia. Kekalahan blok Sentral (Jerman dan Jepang) menjadi titik balik munculnya negara bangsa (nation state).

Perang Dunia II terjadi pada tanggal 1 September 1939 –14 Agustus 1945. Perang Dunia II terjadi di tiga benua, yaitu Benua Afrika, Asia, dan Eropa. Perang ini adalah perang terdahsyat yang pernah terjadi di muka bumi.

Banyak negara yang mengalami kehancuran dan hidup dalam penjajahan negara lain. Tidak kurang dari lima puluh juta orang tewas dalam perang antarbangsa ini.

Sebab Umum Perang Dunia II

Perang ini disebabkan gagalnya Liga Bangsa-Bangsa dalam menjaga perdamaian dunia. Perlombaan senjata antarnegara sejak berakhirnya Perang Dunia I masih terjadi. Perlombaan ini mendorong terjadinya kolonialisme yang bertujuan untuk mendapatkan bahan mentah.

Beberapa negara di Eropa menjalankan politik aliansi dengan membentuk blok. Politik ini dijalankan untuk membalas kekalahan (revanche idea) dalam Perang Dunia I. Misalnya, blok Prancis (demokrasi), blok Jerman (fasis), dan blok Rusia (komunis).
Sejarah Perang Dunia ke 2 Terlengkap
PD 2

Sebab Khusus Perang Dunia II

Pemicu meletusnya Perang Dunia II adalah saat Jerman menyerbu Polandia pada tanggal 1 September 1939. Jerman menuntut kembalinya wilayah Danzig yang dikuasai Liga Bangsa-Bangsa.

Namun, Polandia menolak tuntutan Jerman bahkan Polandia membentuk aliansi dengan Inggris, Prancis, Rumania, dan Yunani. Akhirnya, Jerman beraliansi dengan Rusia dan menyerang Polandia.
loading...

0 Response to "Sejarah Perang Dunia ke 2 Terlengkap"

Post a Comment