Sejarah Pemberontakan G 30 S PKI dan Rangkuman Peristiwa G 30 S PKI

Loading...
Pembahasan kali ini akan membahas tentang  pemberontakan g 30 s pki, g 30 s pki, peristiwa g 30 s pki, sejarah pemberontakan g 30 s pki, peristiwa g 30 spki, peristiwa g30 s pki, kronologi peristiwa g 30 s pki, rangkuman peristiwa g 30 s pki dan tragedi  g 30 s pki.

G 30 S PKI


Pemberontakan G 30 S /PKI


PKI kemudian benar-benar melakukan pemberontakan dan pengkhianatan kepada bangsa Indonesia.

Operasi pemberontakan dipimpin oleh Letkol Untung dengan melibatkan satu batalion Divisi Diponegoro dan Divisi Brawijaya.

Mereka dibantu oleh Pemuda Rakyat PKI. Pusat gerakan di Lubang Buaya, dekat Halim Perdanakusuma. PKI kemudian berhasil menculik dan membunuh para perwira TNI AD.

Mereka adalah Letjen Ahmad Yani, Mayjen R. Soeprapto, Mayjen Harjono M.T., Mayjen S. Parman, Brigjen D.I. Pandjaitan, dan Brigjen Soetojo Siswomihardjo. Jenderal A.H. Nasution berhasil meloloskan diri.
Sejarah Pemberontakan G 30 S PKI  dan Rangkuman Peristiwa G 30 S PKI
Pemberontakan PKI
Namun, putrinya (Irma Suryani Nasution) dan ajudannya (Lettu Pierre Andries Tendean) tewas tertembak. Korban PKI lainnya adalah Brigadir Polisi Karel Satsuit Tubun yang mengawal rumah Wakil Perdana Menteri II dr. J. Leimena.

Selain melakukan pembunuhan, PKI juga merebut RRI Pusat dan gedung Telekomunikasi di Jalan Medan Merdeka. Keduanya digunakan Letkol Untung untuk menyiarkan pengumuman G 30 S.

Pukul 07.20 WIB Letkol Untung mengumumkan bahwa gerakan mereka ditujukan kepada Dewan Jenderal yang katanya mau melakukan perebutan kekuasaan.

Namun, kedok mereka terbongkar pada siang harinya pukul 13.00 WIB. Pemberontakan PKI juga berlangsung di Jawa Tengah dipimpin oleh Kolonel Sahirman (Asisten I Kodam VII/ Diponegoro).

Setelah menguasai Markas Kodam VII/Diponegoro, mereka merebut RRI, telekomunikasi, dan Korem-Korem di Jawa Tengah.

Korem 071/Purwokerto dikuasai Letkol Soemitro, Korem 072/Yogyakarta dikuasai Mayor Mulyono, Korem 073/ Salatiga dikuasai Letkol Idris, dan Brigif 6 dikuasai oleh Kapten Mintarso.

Akibat pemberontakan ini, Danrem 072 Kolonel Katamso dan Kasrem 072 Letkol Sugiyono diculik dan dibunuh secara keji.

PKI juga membunuh para perwira TNI AD di lingkungan Brigade Infanteri 6/Surakarta dan merebut RRI, telekomunikasi, bank negara, dan mendukung G 30 S/PKI. Rakyat Surakarta benar-benar ketakutan dengan teror PKI.

0 Response to "Sejarah Pemberontakan G 30 S PKI dan Rangkuman Peristiwa G 30 S PKI"

Post a Comment