Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang

Pembahasan kali ini adalah tentang negara maju dan negara berkembang, contoh negara maju, contoh negara bekembang, negara maju di dunia, daftar negara maju di benua asia, negara negara berkembang di asia, negara maju di benua eropa, negara maju di afrika, negara berkembang di benua eropa, negara berkembang di dunia, dan lain-lain.

Pada setiap peperangan selalu muncul pihak yang menang dan kalah. Setelah Perang Dunia II berakhir, negara-negara di dunia mengalami kehancuran yang luar biasa.

Kehancuran dirasakan oleh negara-negara di Eropa maupun di luar Eropa. Amerika Serikat dan sekutunya yang tampil sebagai pemenang kemudian membantu pembangunan kembali negara-negara Eropa yang hancur.

Dengan bantuan Amerika, negara-negara bekas jajahan Jerman tersebut mulai bangkit. Mereka tumbuh menjadi negara maju.
Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang
Negara Maju

Perang Dunia II juga membawa dampak di kawasan lain, seperti Afrika dan Asia. Di Indonesia penjajahan Jepang membawa kesengsaraan rakyat.

Berbagai bentuk perlawanan lahir untuk memperjuangkan kemerdekaan. Kekalahan Jepang menjadi momentum untuk meraih kemerdekaan.

Hingga kini, Indonesia dan negara-negara bekas jajahan lainnya tengah membangun perekonomiannya agar bisa menyamai negara maju.

Perang Dunia II memang perang yang terbesar sepanjang sejarah manusia. Setelah perang usai, harapannya akan muncul perubahan yang membawa tatanan dunia baru. Dunia yang lebih aman, adil, damai, dan sejahtera.

Pengertian negara maju

Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatip tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan pendapatan per kapita tinggi dianggap negara maju.

Namun beberapa negara yang telah mencapai pendapatan tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan phosphorus) tanpa mengembangkan industri yang beragam dan ekonomi berdasarkan jasa tidak dianggap memiliki status ’maju’.

Pengertian negara bekembang            

Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga, sebuah istilah yang digunakan pada masa perang dingin.

Keberhasilan pembangunan di suatu negara dapat dijadikan acuan untuk menentukan suatu negara dikatakanmaju atau berkembang.

Negara yang sudah berhasil dalam pembangunan sering disebut dengan negara maju, sedangkan negara yang masih sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan disebut dengan negara berkembang.


0 Response to "Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang"

Post a Comment