Pengertian Kriminalitas yang Terjadi Akibat Perubahan Sosial

Loading...
Pembahasan kali ini membahas tentang pengertian kriminalitas, kenakalan remaja, stitusi atau Pelacuran,  bahaya penyalahgunaan narkoba, Respon Masyarakat Terhadap Perubahan Sosial Budaya dan Respon Masyarakat Terhadap Perubahan Sosial Budaya masyarakat.

Disintegrasi


Disintegrasi terjadi ketika perubahan yang ada disikapi berbeda oleh beberapa masyarakat. Ada masyarakat yang beranggapan bahwa perubahan akan membawa kebaikan dan kemajuan.

Namun, ada pula yang beranggapan bahwa perubahan tersebut akan menggoyahkan integrasi masyarakat yang telah terbentuk.

Perbedaan dalam menyikapi perubahan menyebabkan munculnya disintegrasi. Disintegrasi adalah proses pecahnya suatu kesatuan menjadi bagian-bagian kecil yang terpisah satu sama lain. Perilaku masyarakat terhadap perubahan yang mampu menimbulkan disintegrasi sebagai berikut.

a. Kenakalan Remaja

Perubahan yang ada tanpa disikapi dengan bijak memang dapat menimbulkan efek negatif bagi masyarakat. Budaya Barat yang datang mampu mengoyahkan nilai dan norma yang ada.

Akibatnya, kewibawaan nilai dan norma sebagai pedoman bertindak menjadi kabur. Anak-anak mulai tidak menaati nilai dan norma yang berlaku.
Pengertian Kriminalitas yang Terjadi Akibat Perubahan Sosial
Kriminalitas


Oleh karena itu, perilaku yang keluar berupa penyimpangan, salah satunya adalah tindakan kenakalan remaja. Tindakan ini mampu menimbulkan keresahan masyarakat yang mendorong terjadinya disintegrasi bangsa.

b. Kriminalitas

Perkembangan masyarakat yang semakin maju tanpa dibarengi peningkatan kemampuan dan moral, justru akan menjadi bumerang bagi masyarakat itu sendiri.

Misalnya perkembangan teknologi canggih memang dapat memudahkan kehidupan masyarakat. Akan tetapi, menjadi berbeda jika perkembangan iptek berada di tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Muncul tindak kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi canggih. Misalnya pembobolan kartu ATM melalui jaringan internet, penipuan melalui telepon, pencurian pulsa lewat handphone, dan perekaman gambar-gambar amoral dengan kamera digital.

c. Prostitusi atau Pelacuran

Adanya prostitusi pada era saat ini merupakan satu bentuk perilaku dalam menyikapi perubahan. Berubahnya sistem perekonomian menjadikan keberlangsungan hidup semakin sulit.

Hal inilah yang mendorong seseorang masuk dalam dunia prostitusi. Menurut Soerjono Soekanto, prostitusi dianggap sebagai suatu pekerjaan yang bersifat menyerahkan diri kepada umum untuk melakukan perbuatan seksual dengan imbalan upah.

d. Narkoba

Pada era kemajuan ini, tidak heran jika kasus penyalahgunaan narkoba jumlahnya semakin bertambah. Arus globalisasi yang cepat membawa perubahan yang cepat pula di tubuh masyarakat.

Dahulu masyarakat tidak mengenal berbagai obat-obatan terlarang, tetapi seiring dengan perkembangan zaman orang dengan mudah mendapatkan dan menikmatinya. Merebaknya narkoba terutama di kalangan remaja merupakan hasil dari perubahan sosial budaya.

e. Pergolakan Daerah

Terjadinya pergolakan daerah disebabkan adanya perubahan ekonomi, politik, etnis, dan agama yang mengarah pada kesenjangan.

Perubahan tersebut dinilai tidak adil dan hanya memihak pada kepentingan orang-orang tertentu. Mereka menganggap bahwa perubahan-perubahan yang ada tidak membawa kemajuan, tetapi keterpurukan masyarakat.

Oleh karena itu, segenap masyarakat menolak perubahan hingga muncul pergolakan daerah yang berkepanjangan. Contohnya pergolakan di Aceh, Poso, dan Ambon.

f. Demonstrasi

Demonstrasi kini menjadi fenomena yang biasa di negara kita. Terlebih pada era reformasi seperti saat ini, demonstrasi dianggap sebagai sarana efektif dalam menyampaikan aspirasi.

Selain itu, demonstrasi dianggap sebagai alat kontrol sosial yang tepat terhadap kinerja pemerintah. Demonstrasi disebabkan adanya sikap ketidaksetujuan masyarakat terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah yang dianggap merugikan rakyat.

Sikap penolakan ini diwujudkan dalam aksi demonstrasi secara besar-besaran. Sesungguhnya masih banyak sikap dan perilaku masyarakat terhadap perubahan sosial budaya yang terjadi.

Salah satunya adalah muncul sikap materialisme, individualisme, dan konsumerisme. Sikap materialisme adalah sikap lebih mengejar kekayaan materi dibanding dengan kualitas diri.

Sikap individualisme adalah sikap lebih memperjuangkan kepentingan dirinya sendiri dibanding menolong orang lain. Sementara sikap konsumerisme adalah sikap hidup yang suka menghambur-hamburkan uang atau hidup boros.

0 Response to "Pengertian Kriminalitas yang Terjadi Akibat Perubahan Sosial"

Post a Comment