Pengertian Gagasan Utama dan Cara menemukannya dalam teks

Loading...
Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian gagasan utama dalam kalimat atau teks, cara menemukan gagasan utama dalam kalimat atau teks dan contoh gagasan utama dalam kalimat atau teks.

Pengertian gagasan utama

Gagasan Utama atau ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan.  Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf.

Letaknya biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf. Ada juga gagasan utama yang terletak di tengah paragraf bila paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi. Bila paragrafnya bersifat paragraf campuran, gagasan utamanya ada di awal dan di akhir paragraf.

Ciri khusus kalimat utama adalah memiliki makna paling umum di antara kalimat-kalimat lain yang terdapat pada paragraf yang sama.

Cara menemukan gagasan utama dalam kalimat atau teks

Amatilah kegiatan yang dilakukan orang ketika hendak membeli koran dengan anak yang sedang membaca materi yang akan dijadikan bahan tes.

Cara mereka membaca berbeda. Apa yang menyebabkan perbedaan itu? Benar, yang membedakan antara keduanya adalah tujuan mereka membaca.

Anak yang hendak mengikuti tes membaca dengan tujuan menyerap isi teks agar nilai tesnya baik, sedangkan orang yang hendak membeli koran membaca tetapi tidak bertujuan untuk memahami isi teks atau berita, hanya sekadar tahu judul-judul berita pada hari itu.

Pengertian Gagasan Utama dan Cara menemukan gagasan utama dalam teks
Gambar: Contoh Gagasan Utama

1. Memahami gagasan utama paragraf

Agar dapat memahami gagasan utama sebuah teks yang terdiri atas beberapa paragraf, maka harus dilatih terlebih dulu dengan memahami gagasan pokok sebuah paragraf.

2. Memahami gagasan utama teks

Dalam sebuah surat kabar atau buku, kalian akan menemukan beberapa teks dengan gagasan utama yang berbedabeda.

Jika tujuan kita membaca hanya sekadar ingin tahu secara sekilas atas artikel-artikel atau berita-berita dalam sebuah surat kabar, maka kita cukup memahami gagasan-gagasan pokok dari artikel-artikel atau teks-teks berita tersebut.

Contoh Gagasan Utama dalam paragraf:

Rumah tempat tinggalku sangat menyenangkan. Aku bersama kakak dan adik-adikku merasa tenteram berada di rumah. 

Kami bisa berdiskusi, bercengkerama, dan kadang bersendau gurau tentang berbagai hal. Teman-temanku juga merasa betah bila belajar di rumahku. Tempatnya memang nyaman, jauh dari kebisingan suara mobil, dan tetangganya ramah.

Kalimat utamanya adalah :
Rumah tempat tinggalku sangat menyenangkan.

Gagasan utamanya adalah :
 Faktor-faktor yang menyebabkan rumahku menyenangkan.

0 Response to "Pengertian Gagasan Utama dan Cara menemukannya dalam teks "

Post a Comment