Pengertian dan Cara Menyimpulkan Isi Pidato/Ceramah beserta Contohnya

Loading...
Pembahasan ini adalah tentang menyimpulkan isi ceramah, ringkasan ceramah, teks ceramah lucu, menyimpulkan pesan pidato, contoh teks ceramah, pengertian ceramah dan kesimpulan isi ceramah.

Cara Menyimpulkan isi ceramah/pidato

Sebelum lebih jauh membahas tentang bagaimana cara menyimpulkan isi ceramah atau pidato, sebaiknnya anda mengetahui terlebih dahulu pengertian ceramah. Apa yang dimaksud dengan ceramah?
Ceramah adalah pidato yang dilakukan oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya.
Contoh penceramah terkenal di Indonesia misalnya K.H. Zaenuddin, M.Z, Ustadz Arifin Ilham, Ustadz Yusuf Mansur, Aa Gym (Abdullah Gymnastiar), Ustadz Maulana, Ustadz Jefri al-Bukhari, Mama Dedeh, Ustadz Subki, Ustadz Bachtiar Nasir, Ustadz Fadlan Garamatan, Ustadz Anwar Zahid dan lain-lain.
Pengertian dan Cara Menyimpulkan Isi Pidato/Ceramah beserta Contohnya
Foto: Ceramah Ustadz Yusuf Mansur

Mendengarkan ceramah tidak hanya membutuhkan konsentrasi sepanjang ceramah berlangsung. Mendengarkan ceramah juga harus didukung kemampuan memahami dan mengambil simpulan tentang isi ceramah.

Apalagi jika materi ceramah merupakan hal penting yang harus dikuasai. Termasuk juga kegiatan pembelajaran di kelas.

Kadang masih ditemukan mata pelajaran yang disajikan dalam bentuk ceramah oleh guru. Pernahkah kalian menemui kesulitan ketika harus mengikuti ceramah? Apa saja kesulitan yang kalian temukan?

Semoga kegiatan pembelajaran berikut akan banyak membantu kalian menjadi pendengar ceramah yang baik. Berikut adalah cara menyimpulkan isi ceramah atau pidato:

1. Mencatat Hal-hal Penting tentang Isi Ceramah

Materi ceramah memang biasanya berisi hal-hal yang penting. Namun, dari yang penting itu ada yang bisa dicatat sebagai hal inti yang merupakan pokok-pokok isi ceramah.

Selain catatan tentang pokok-pokok ceramah itu sangat berguna, mencatat pada saat mendengarkan ceramah juga bisa menjadi sarana menjaga agar tetap konsentrasi terhadap ceramah.

Perhatikan contoh!
Dengarkan petikan ceramah berikut dan catatlah tiga hal penting dari petikan ceramah tersebut!

Bahaya Narkoba

"Penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (NAPZA) atau yang populer diistilahkan dengan narkoba, di kalangan sekelompok masyarakat kita menunjukkan gejala yang semakin memprihatinkan.

Dewasa ini pengguna "pil setan" tersebut tidak pandang bulu dan mengancam masa depan generasi penerus bangsa.

Dalam perkembangannya, Indonesia bahkan menjadi sasaran sindikat internasional dengan ditemukannya pabrik-pabrik (produsen) narkoba di beberapa daerah belakangan ini. 

Kondisi semacam ini mengharuskan berbagai pihak untuk turut berperan aktif dalam menanggulangi situasi yang sangat membahayakan ini.

Selain harus berupaya menyelamatkan mereka yang sudah terjangkit 'virus ketergantungan', perlu memberikan benteng berupa bekal mental yang kuat bagi yang belum terkontaminasi, terutama di kalangan siswa didik"

Sumber: Kata Pengantar Menangkal Narkoba dan Kekerasan, Balai Pustaka

Tiga hal penting yang merupakan pokok isi ceramah di atas:
  1. Penyalahgunaan narkoba semakin memprihatinkan,
  2. Indonesia menjadi sasaran sindikat narkoba internasional,
  3. Semua pihak harus berperan aktif untuk menyelamatkan dan membentengi generasi penerus dari narkoba.

2. Membuat Simpulan tentang Isi Ceramah

Pada akhir kegiatan mendengarkan ceramah, kalian harus dapat membuat simpulan tentang isi ceramah yang kalian dengarkan.

Hal ini tentu dilakukan sebagai pengukur apakah ceramah yang disimak dapat dipahami atau tidak. Kegiatan menyimpulkan isi ceramah diawali dari hasil catatan pokok isi cermah yang telah kita buat, kemudian kita buat simpulannya.

Nah, berdasarkan tiga butir pokok isi ceramah yang telah kalian tulis di atas maka simpulan kutipan ceramah di atas sebagai berikut.
  1. Penyalahgunaan narkoba semakin memprihatinkan,
  2. Indonesia menjadi sasaran sindikat narkoba internasional,
  3. Harus ada upaya penanggulangan penggunaan narkoba,
  4. Harus ada upaya penyelamatan bagi korban oleh semua pihak.

0 Response to "Pengertian dan Cara Menyimpulkan Isi Pidato/Ceramah beserta Contohnya"

Post a Comment