Pengertian, Bentuk dan Tujuan Kerja Sama Ekonomi Internasional

Pembahasan kali ini akan membahas tentang, kerjasama ekonomi internasional, pengertian kerja sama ekonomi internasional, hubungan internasional, pengertian kerjasama ekonomi internasional, tujuan kerjasama ekonomi internasional, bentuk kerja sama ekonomi internasional dan bentuk kerjasama ekonomi internasional

Kerja Sama Ekonomi Internasional


Dapatkah kamu hidup menyendiri di dunia? Tentu tidak, bukan? Demikian pula dalam lingkup kehidupan bernegara. Saat ini hampir tidak ada negara yang dapat hidup sendiri.

Suatu negara pasti membutuhkan kerja sama ekonomi dengan negara lain. Dengan adanya kerja sama ekonomi antar negara, berbagai manfaat bisa diperoleh.

Pengertian Kerja Sama Ekonomi Antarnegara

Pengertian, Bentuk dan Tujuan Kerja Sama Ekonomi Internasional
Gambar: Kerjasana Antar Negara

Kerja sama ekonomi antar negara adalah bentuk kerja sama yang timbul dalam rangka memenuhi kebutuhan negara-negara anggota.

Jadi, kerjasama internasional itu adalah bentuk hubungan dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain di dunia.

Tujuan Kerjasama internasional  


1. Membebaskan bangsa-bangsa di dunia dari kemiskinan dan kelaparan

2. Membebaskan bangsa-bangsa dari keterbelakangan di bidang ekonomi

3. Memajukan perdagangan

4. Mempercepat pertumbuhan ekonomi

5. Meningkatkan kestabilan dalam bidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan pertahanan keamanan

6. Memelihara ketertiban dan perdamaian dunia

7. Meningkatkan dan memperat tali persahabatan antarbangsa di dunia.

Bentuk-bentuk kerja sama antarnegara sebagai berikut.


a. Perdagangan Antarnegara

Perdagangan antar negara adalah kerja sama yang melibatkan dua negara atau lebih untuk melakukan kegiatan ekspor dan impor. Tujuannya memenuhi kebutuhan masyarakat suatu negara.

b. Pertukaran Faktor-Faktor Produksi

Sumber daya produksi setiap negara berbeda-beda. Hal ini menyebabkan tidak terpenuhinya faktor produksi yang dibutuhkan.

Untuk mengatasinya, didatangkan faktor-faktor produksi, seperti tenaga kerja, mesin produksi, peralatan, dan modal dari negara lain.

c. Kerja Sama Bidang Keuangan

Kerja sama dalam bidang keuangan diakibatkan oleh hubungan dagang antarnegara dan pembayaran atas pertukaran faktor-faktor produksi.

Misalnya, pengusaha Indonesia ingin mengembangkan usaha, tetapi kekurangan modal. Pengusaha tersebut dapat meminjam modal dari negara lain.
loading...

0 Response to "Pengertian, Bentuk dan Tujuan Kerja Sama Ekonomi Internasional"

Post a Comment