Nama Samudra di Dunia dan Luasnya: Pasifik dan Hindia

Loading...
Loading...
Pembahasan kali ini akan membahas tentang nama samudra di dunia, samudra terdalam di dunia, samudra terdalam di dunia, samudra terluas di dunia dan samudra di dunia.

Samudra-Samudra di Dunia

Samudra menutupi sebagian besar permukaan bumi. Di bumi ini terdapat lima samudra, yaitu Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, Arktik, dan Selatan. Samudra-samudra tersebut menghubungkan antara benua yang satu dengan benua lainnya.

Samudra Pasifik

Samudra Pasifik adalah samudra terluas di permukaan bumi. Samudra ini dibatasi oleh Benua Asia dan Australia di barat serta Benua Amerika di timur. Luas Samudra Pasifik adalah 169.200.000 km2. Luas ini hampir sama dengan 32% luas muka bumi.

Luas Samudra Pasifik lebih besar dari seluruh daratan yang ada. Garis ekuator memisahkan Samudra Pasifik menjadi dua, yaitu Samudra Pasifik Utara dan Samudra Pasifik Selatan.

Kedalaman rata-ratanya adalah 4.280 m dan titik terdalam terdapat di Palung Mariana dengan kedalaman 10.911 m. Samudra Pasifik terdiri atas 25.000 pulau yang sebagian besar terdapat di sebelah selatan ekuator.

Di sepanjang tepi samudra ini terdapat beberapa laut, di antaranya Laut Sulawesi, Laut Koral, Laut Cina Timur, Laut Filipina, Laut Jepang, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Tasman, dan Laut Kuning.

Samudra Pasifik dihubungkan dengan Samudra Hindia oleh Selat Malaka di sebelah barat, di sebelah timur dihubungkan dengan Samudra Atlantik oleh Selat Magellan.
Nama Samudra di Dunia dan Luasnya: Pasifik dan Hindia
5 Samudra

Samudra Hindia

Samudra Hindia merupakan samudra terluas ketiga di dunia. Samudra ini menutupi sekitar 20% permukaan bumi.

Samudra Hindia berbatasan dengan Benua Asia di sebelah utara dan Afrika di barat. Di sebelah timur berbatasan dengan Indo-Cina, Kepulauan Sunda, dan Australia.

Sementara itu di sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Selatan. Samudra Hindia memiliki luas sekitar 73.556.000 km2, termasuk Laut Merah dan Teluk Persia.

Kedalaman rata-ratanya adalah 3.890 m dan titik terdalamya adalah di Palung Jawa dengan kedalaman 7.725 m.

Volume air yang ada di Samudra Hindia diperkirakan sekitar 292.131.000 km3. Beberapa negara kepulauan yang ada di Samudra Hindia antara lain Madagaskar, Komoro, Seychelles, Maldives, Mauritius, dan Sri Lanka.

Indonesia ada di sebelah timur samudra ini. Samudra Hindia merupakan jalur perhubungan antara Benua Asia dan Afrika. Beberapa sungai yang bermuara di Samudra Hindia adalah Sungai Zambezi, Shatt al-Arab, Indus, Gangga, Brahmaputra, dan Ayeyarwady.
Loading...

0 Response to "Nama Samudra di Dunia dan Luasnya: Pasifik dan Hindia"

Post a Comment