Nama Samudra di Dunia dan Luasnya: Atlantik, Arktik dan Selatan

Loading...
Pembahasan kali ini akan membahas tentang nama samudra di dunia, samudra terdalam di dunia, benua atlantik, benua arktik, benua selatan, samudra terdalam di dunia, samudra terluas di dunia dan samudra di dunia.

Samudra Arktik

Samudra Arktik meliputi wilayah dengan luas sekitar 14.056.000 km2 atau sekitar 1,5 kali luas Amerika Serikat. Panjang garis pantainya sekitar 45.389 km.

Samudra Arktik dikelilingi oleh daratan Eurasia, Amerika Utara, Greenland, dan beberapa pulau.

Termasuk di dalamnya adalah Teluk Baffin, Laut Barents, Laut Beaufort, Laut Chukchi, Laut Siberia Timur, Laut Greenland, Teluk Hudson, Selat Hudson, Laut Kara, Laut Laptev, Laut Putih, dan perairan lainnya.

Samudra Arktik terhubung dengan Samudra Pasifik oleh Selat Bering, sedangkan terhubung dengan Samudra Atlantik oleh Laut Greenland dan Laut Labrador.

Di dasar Samudra Arktik terdapat pematang Lomonosov yang membagi dasar laut basin Kutub Utara menjadi dua, yaitu basin Eurasia dengan kedalaman sekitar 4.000–4.500 m dan basin Amerika (Hyperborean) dengan kedalaman sekitar 4.000 m.

Ratarata kedalaman Samudra Arktik sekitar 1.038 m dan titik terdalamnya sekitar 5.450 di basin Eurasia.
Nama Samudra di Dunia dan Luasnya: Atlantik, Arktik dan Selatan
Samudra Atlantik

Samudra Atlantik

Samudra Atlantik merupakan samudra terluas kedua di dunia. Luas samudra ini sekitar 106.400.000 km2. Samudra ini menutupi sekitar seperlima permukaan bumi. Samudra Atlantik terhubung oleh seluruh samudra di dunia.

Di sebelah utaraterhubung dengan Samudra Arktik, di barat daya dengan Samudra Pasifik, di tenggara dengan Samudra Hindia, dan di selatan dengan Samudra Selatan. Rata-rata kedalaman samudra ini adalah 3.926 m.

Titik terdalamnya terletak di palung Puerto Rico dengan kedalaman sekitar 8.605 m. Lebarnya bervariasi dari 2.848 km (antara Brasil dan Liberia) sampai 4.830 km (antara Amerika Serikat dan Afrika Utara).

Samudra Atlantik memiliki garis pantai yang tidak beraturan. Hal itu dipengaruhi oleh letak teluk dan laut, meliputi Laut Karibia, Teluk Meksiko, Teluk St. Lawrence, Laut Mediterania, Laut Hitam, Laut Utara, Laut Baltik, dan Laut Norwegia.

Pulaupulau yang ada di Samudra Atlantik antara lain Pulau Svalbard, Greenland, Islandia, Rockall, Britania Raya, Irlandia, dan Azores. Untuk mengetahui pulau-pulau lainnya yang terdapat di Samudra Atlantik kamu dapat melihat globe atau peta dunia.

Samudra Selatan

Samudra Selatan disebut juga dengan Samudra Antartika. Samudra ini merupakan samudra keempat terluas di dunia dibandingkan samudra lainnya.

Luas Samudra Selatan sekitar 20.327.000 km2. Kedalaman rata-ratanya sekitar 4.500–5.000 m. Titik terdalam adalah di palung Sandwich Selatan dengan kedalaman sekitar 7.235 m.

Dangkalan Benua Antartika umumnya sempit dan lebih dalam, yaitu sekitar 400–800 m dibandingkan kedalaman rata-rata benua lainnya, yaitu sekitar 133 m. Samudra Selatan sangat berbeda dengan samudra lainnya terutama berhubungan dengan batas wilayahnya.

Samudra Selatan terhubung dengan Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik secara langsung. Suhu air di Samudra Selatan bervariasi antara –2°C sampai 10°C.

Pada musim dingin samudra membeku hingga mencapai 65°LS di sekitar Pasifik dan 55°LS di sekitar Atlantik. Selimut es di Antartika akan membesar dari 2,6 juta km2 pada bulan Maret mencapai 18,8 juta km2 pada bulan September.

0 Response to "Nama Samudra di Dunia dan Luasnya: Atlantik, Arktik dan Selatan"

Post a Comment