Metode dan Tata Cara Berpidato

Loading...
Kalian tentu sangat mengenal tokoh di sambawah ini. Ya, beliau adalah Sang Proklamator RI, Ir. Soekarno. Selain sebagai pendiri bangsa, Pak Karno juga dikenal sebagai "singa podium", yaitu orang yang sangat piawai dalam berbicara di depan massa atau berpidato.

Ketika sudah berpidato di atas podium, seolah beliau mampu menyihir hadirin untuk tidak beranjak dari tempat duduknya meski di bawah terik matahari atau hujan rintik.

Kemampuan berbicara di depan massa seperti yang dimiliki oleh Sang Proklamator, Soekarno, tentu tidak datang begitu saja, tanpa berlatih.
Metode dan Tata Cara Berpidato
Sang Proklamator: Ir. Soekarno

Metode dan Tata Cara Berpidato 

Di samping adanya bakat, namun latihan tetap merupakan sarana menempa kemampuan. Diperlukan latihan keras dan keyakinan diri yang mantap agar memperoleh hasil maksimal.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika tampil berpidato sebagai berikut.

1. Persiapan yang memadai

Lakukan persiapan yang meliputi: persiapan diri, kesehatan jasmani rohani, persiapan materi yang akan disampaikan, informasi tentang calon pendengar.

2. Kecakapan berbicara

Lakukan pelatihan yang meliputi: latihan vokal, latihan bahasa, dan latihan olah gerak serta ekspresi.

3. Keterampilan pendukung

Lakukan upaya memiliki keterampilan pendukung antara lain keahlian mengendalikan emosi, konsentrasi, berpikir spontan, menumbuhkan kharisma, dan memahami situasi.

Persiapan-persiapan tersebut akan menentukan berhasil tidaknya seseorang berpidato. Pembicara yang kurang persiapan tentu akan mengalami kegagalan dalam berbicara.

Pembelajaran ini masih berkaitan erat dengan pembelajaran sebelumnya yang telah membahas tentang bagaimana menulis naskah pidato. Artinya, naskah pidato yang telah kalian tulis akan dimanfaatkan pada penampilan berpidato kalian kali ini.

0 Response to "Metode dan Tata Cara Berpidato "

Post a Comment