Mesir: Contoh Negara Berkembang di Asia

Loading...
Loading...
Pada pembahasan ini akan melanjutkan penjelasan dari pembahasan sebelumnya mengenai Contoh Negara maju di benua di asia, contoh negara berkembang, daftar Negara maju di asia, 10 negara berkembang di dunia, contoh Negara asia.

Mesir

Mesir merupakan negara yang memiliki peninggalan peradaban kuno yang paling maju pada zamannya, yaitu peradaban lembah Sungai Nil. Meskipun demikian, saat ini Mesir masih menjadi negara berkembang. Mesir terletak di Benua Afrika.

a) Perekonomian

Perekonomian Mesir didukung oleh kegiatan pada sektor pariwisata, kekayaan minyak bumi, pajak dari Terusan Suez, dan beberapa industri menengah.

Sebagai negara yang memiliki peninggalan peradaban kuno, Mesir mengembangkan kegiatan pariwisata budaya. Tujuan wisata utama adalah piramid Giza, kuil Karnak, dan Lembah Raja. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Mesir mencapai dua juta orang setiap tahun.

Sektor pertanian masih menjadi andalan di Mesir karena menyerap 31% dari tenaga kerja. Sektor ini didukung oleh ketersediaan air irigasi yang berasal dari bendungan Aswan.

Hasil produksi pertanian yang utama adalah kapas, gandum, beras, gula, susu, domba, dan ayam. Hasil produksi dari industri menengah di Mesir antara lain semen, pupuk, goni, aluminium, dan produk kapas.

Kegiatan pertambangan mengandalkan hasil tambang minyak bumi, bijih besi, fosfat, garam, dan mangan. Tambang minyak banyak terdapat di lepas pantai Sinai, Terusan Suez, Depresi Qattar, dan El Amien.
Mesir: Contoh Negara Berkembang di Asia
Gambar: Spinx


b) Keadaan Penduduk

Mesir merupakan negara yang jumlah penduduknya terbesar di antara negara-negara Arab, yaitu sekitar 74 juta jiwa. Hampir sebagian besar penduduk menetap di sepanjang Sungai Nil dan daerah sekitar Terusan Suez.

Hal ini karena wilayah lain berupa gurun pasir, yaitu daerah gurun pasir barat dan gurun pasir timur. Kota-kota utama di Mesir adalah Iskandariyah dan Kairo. Penduduk Mesir merupakan penduduk yang homogen, yaitu Arab dan penduduk asli kulit hitam.

Kamu telah menyimak materi tentang negara maju dan negara berkembang. Apa yang dapat kamu simpulkan? Maju tidaknya suatu negara pada dasarnya tidak didasarkan pada umur, sumber daya alam, atau ras dan warna kulit penduduknya.

Ada negara yang berumur lebih dari 2.000 tahun seperti Mesir dan India, tetapi masih menjadi negara berkembang. Sebaliknya, negara yang baru berumur kurang dari 150 tahun seperti Kanada dan Selandia Baru bisa menjadi negara maju.

Ketersediaan sumber daya alam juga tidak menjadi jaminan bahwa suatu negara bisa menjadi negara maju. Misalnya negara Singapura dan Jepang yang miskin sumber daya alam bisa lebih maju daripada Indonesia yang kaya sumber daya alam.

Demikian pula ras dan warna kulit. Jadi, maju dan tidaknya negara bersumber dari kualitas sumber daya manusianya.

Loading...

0 Response to "Mesir: Contoh Negara Berkembang di Asia"

Post a Comment