Mengapa Negara Kita Perlu Kerjasama dengan Negara Lain?

Loading...
Ada sebuah pertanyaan yang sering muncul kepada para siswa dan pelajar yaitu mengapa negara kita perlu kerjasama dengan negara lain? Atau pertanyaan yang serupa tentang pengertian hubungan internasional menurut para ahli, sarana-sarana hubungan internasional, manfaat hubungan internasional, pentingnya hubungan internasional, kerjasama Indonesia dengan negara lain, arti penting hubungan internasional, hubungan internasional indonesia dengan negara lain dan tujuan hubungan internasional.

Mengapa Negara Kita Perlu Kerjasama dengan Negara Lain?

Salah satu jawaban untuk menjawab pertanyaan di atas adalah bahwa negara kita Indonesia sangat membutuhkan kerjasama dengan negara lain, dari banyak hal Indonesia sangat membutuhkan negara lain, apalagi posisi Indonesia sebagai salah satu contoh negara berkembang yang tentunya sangat membutuhkan bantuan dan kerjasama tidak hanya negara berkembang lainnya namun juga kepada negara-negara maju.

Untuk menjawab pertanyaan di atas ada beberapa konsep dasar yang harus diketahui oleh seseorang, diantaranya seseorang harus memahami tentang negara berkembang dan negara maju, ciri-ciri negara berkembang dan negara maju, contoh-contoh negara berkembang dan negara maju.

Setelah mengetahui konsep-konsep di atas, seseorang telah memiliki sebuah gambaran bahwa setiap negara pasti membutuhkan bantuan dan kerjasama dengan negara lain terutama Indonesia.
Mengapa Negara Kita Perlu Kerjasama dengan Negara Lain?
Gambar: Contoh Kerjasama Antar Negara

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Indoesia perlu bekerjasama dengan negara lain adalah sebagai berikut;

- Manusia atau negara manapun tak bisa memenuhi segala macam kebutuhannya sendirian, karena lagi-lagi manusia atau negara punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Contoh saja Indonesia yang kaya dengan sumber daya alamnya yang melimpah, sehingga mau apa saja sudah tersedia di bumi Indonesia, contoh kecil saja, Angsa-angsa yang di Indonesia ada di mana-mana, di Rusia justru menjadi tontonan, karena memang langka!

- Ada negara yang punya sumber daya manusia begitu berkualitas, karena manusianya yang pekerja keras, pantang menyerah dan penuh motivasi untuk maju, seperti Jepang, tapi miskin sumber daya alam. Jadi terjadi kebalikan dengan Indonesia yang kaya sumber daya alamnya(SDA), maka Indonesia dan Jepang perlu kerjasama yang erat, Indonesia mengekspor SDA dan Jepang mengekspor barang eletronik, begitu seterusnya.

- Bagi negara yang punya teknologi canggih serta peralatan militer yang banyak, seperti AS dan Rusia, bisa bekerja sama dengan negara lain yang tak punya teknoolgi canggih tersebut, tentunya mereka berbagi, dalam hal ini bisa memberikan bantuan teknis dan sebagainya, atau bisa juga melatih negara-negara lain yang masih jauh tertinggal teknologinya. Dengan demikian dibidang teknologi dan militer lahir kerjasama, seperti NATO, dulu ada kerjasama Fakta Warsawa.

0 Response to "Mengapa Negara Kita Perlu Kerjasama dengan Negara Lain?"

Post a Comment