Menerapkan Tata Cara dan Prinsip-prinsip dalam Diskusi

Loading...
Pernahkah kalian melakukan diskusi? Bagus, diskusi memang merupakan sarana bertukar informasi maupun bertukar pendapat untuk mencari jalan keluar dari suatu permasalahan.

Baik dalam situasi resmi maupun tidak resmi, diskusi masih menjadi pilihan ketika terjadi kebuntuan menghadapi permasalahan.

Menerapkan Prinsip-prinsip Diskusi

Diskusi akan berjalan lancar dan menghasilkan simpulan yang bermanfaat bila para peserta diskusi mengetahui tata cara dan prinsip-prinsip diskusi.

1. Perangkat diskusi

Dalam sebuah diskusi akan terjadi arus lalu lintas pembicaraan dari segenap peserta diskusi, baik berupa pertanyaan, saran maupun pendapat. Agar diskusi dapat berlangsung dengan baik, maka perlu ditetapkan perangkat diskusi.

a. Pembicara : orang yang ditugasi menghantarkan permasalahan yang akan dibahas dalam diskusi;

b. Moderator : orang yang ditugasi mengatur lalu lintas pembicaraan agar pembicaraan berlangsung teratur;

c. Penulis/penambat : orang yang bertugas mencatat pertanyaan atau usulan yang disampaikan para peserta diskusi sekaligus menulis simpulan diskusi untuk disampaikan kepada seluruh peserta diskusi pada akhir diskusi.
Menerapkan Tata Cara dan Prinsip-prinsip dalam Diskusi
Gambar: Prinsip dalam Berdiskusi

2. Memberikan argumen yang logis dalam berpendapat

Diskusi biasanya bertujuan untuk mencari pemecahan atas sebuah masalah. Dalam mencari pemecahan masalah dilakukan dengan meramu berbagai pandangan atau pendapat dari para peserta diskusi.

Berikanlah pendapat untuk sebuah mengatasi masalah dengan memberikan alasan yang dapat diterima akal oleh semua pihak. Hindarkanlah pemaksaan kepada peserta lain untuk menerima pendapat yang kalian sampaikan.

Jika ada pendapat dari peserta lain yang memang lebih baik dan lebih dapat diterima oleh semua peserta diskusi maka kalian harus juga menerima pendapat itu dengan kebesaran hati.

3. Tidak ada pemenang dalam diskusi

Akhir dari sebuah diskusi bukanlah siapa yang menang dan siapa yang kalah, melainkan hasilnya berupa sebuah simpulan untuk mengatasi sebuah permasalahan yang didiskusikan. Simpulan dari diskusi merupakan simpulan bersama.

0 Response to "Menerapkan Tata Cara dan Prinsip-prinsip dalam Diskusi"

Post a Comment