Manfaat Perdagangan Internasional beserta Penjelasannya Terlengkap

Loading...
Secara umum, pembahasan ini adalah tentang manfaat perdagangan internasional, manfaat perdagangan antar negara, keuntungan perdagangan internasional, manfaat ekspor dan impor, serta manfaat perdagangan internasional di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan iptek serta sektor riil.

Manfaat Perdagangan Internasional

Ada beberapa manfaat perdagangan internasional yaitu sebagai berikut.

1) Kebutuhan setiap negara akan dapat terpenuhi

Sebagai contoh Indonesia , walaupun Indonesia juga menghasilkan minyak bumi tetapi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri masih kurang maka untuk memenuhi kekurangan tersebut kita membeli atau mengimpor minyak dari negara anggota OPEC seperti Arab Saudi.

2) Negara pengekspor akan memperoleh devisa

Kita memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya adalah batu bara. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri , batu bara kita jual atau ekspor ke negara lain seperti Jepang. Dengan mengekspor batu bara kita dapat pembayaran yang berupa devisa.

3) Setiap negara dapat mengadakan spesialisasi produksi.

Spesialisasi produksi artinya pengkhususan pada produksi tertentu. Sebagai contoh Indonesia sebagai negara agraris yang tanahnya subur, sudah tentu akan lebih mengkhususkan pada hasil pertanian untuk diekspor ke negara-negara yang tanahnya kurang subur.

Sedangkan Jepang lebih mengkhususkan ekspornya pada produksi yang berteknologi seperti mobil, mesin-mesin industri dan elektronik ke negara-negara berkembang seperti Indonesia, karena Jepang lebih unggul di bidang teknologi dan SDM.
Manfaat Perdagangan Internasional beserta Penjelasannya Terlengkap
Manfaat Perdagangan Internasional

4) Dapat mendorong kegiatan ekonomi suatu negara

Dengan perdagangan internasional, kita dapat mengekspor hasil produksi dalam negari sehingga industri dan dunia usaha di dalam negeri dapat berkembang dengan baik , yang pada akhirnya dapat mendorong kegiatan ekonomi negara.

Demikian juga apabila kita mengimpor barang-barang modal seperti mesin-mesin industri, akan dapat mendorong perkembangan dunia perindustrian di dalam negeri.

5) Dapat meningkatkan hubungan persahabatan antarnegara

Perdagangan internasional dapat mendorong timbulnya persahabatan antarnegara dalam betuk kerja sama antarnegara di berbagai bidang misalnya sosial, budaya, politik, pertahanan keamanan, dan lain-lain.

6) Dapat mendorong kemajuan Iptek

Dengan perdagangan internasional dapat mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan membuka kemungkinan terjadinya alih teknologi dari negara maju ke negara berkembang.

Negara berkembang akan berupaya secara bertahap mengurangi ketergantungan dengan negara maju melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

0 Response to "Manfaat Perdagangan Internasional beserta Penjelasannya Terlengkap"

Post a Comment