Komoditas Ekspor Utama Indonesia Berasal Dari Hasil

Loading...
Loading...
Pembahasan kali ini membahas tentang komoditi ekspor indonesia, komoditas ekspor indonesia, komoditi ekspor dan impor negara indonesia, impor indonesia, ekspor indonesia, komoditas ekspor impor indonesia dan komoditi ekspor impor indonesia.

Komoditas Ekspor/Impor Indonesia


Indonesia adalah sebuah negara yang kaya potensi alam dan sumber daya manusia. Sumber daya tersebut perlu dikelola dan dikembangkan dalam rangka peningkatan penerimaan ekspor sehingga mampu bersaing dengan negara lain.

Potensi alam Indonesia mampu menghasilkan komoditas ekspor yang unggul, yaitu ekspor migas dan nonmigas. Ekspor migas meliputi minyak mentah, hasil minyak olahan, dan gas alam. Ekspor nonmigas meliputi hasil pertanian, per ikanan, tambang, maupun industri.

Sektor nonmigas mulai dikembangkan pemerintah guna meningkatkan penerimaan ekspor. Komoditas ekspor ini setiap bulan, semester, atau tahun dilaporkan pemerintah.

Kita dapat melihat laporan tentang hasil ekspor melalui media cetak atau elektronik. Berkaitan dengan laporan hasil ekspor, diketahui total nilai ekspor pada bulan Januari–Juni 2007 meningkat sebesar 14,29% menjadi US$53.620,22.

Peningkatan ekspor ini merupakan hasil kenaikan nilai ekspor nonmigas terutama hasil industri, pertambangan, dan pertanian. Sektor migas disumbangkan oleh penerimaan dari minyak mentah.
Komoditas Ekspor Utama Indonesia Berasal Dari Hasil
Ekspor Indonesia

Peningkatan ekspor Indonesia tidak menjamin kebutuhan dalam negeri telah terpenuhi. Kegiatan ekspor juga mendorong negara untuk mengimpor barang guna mendukung perekonomian dalam negeri.

Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, Indonesia membutuhkan teknologi, bahan baku, mesin, dan tenaga ahli. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut perlu dilakukan impor dari negara lain. Barangbarang yang diimpor sebagai berikut.

a. Barang Konsumsi

Barang konsumsi yang diimpor harus dilakukan secara hatihati sehingga tidak mematikan produk dalam negeri. Barang konsumsi tersebut antara lain susu, gandum, beras, mentega, makanan kalengan, kosmetik, dan farmasi (obat-obatan).

b. Barang Modal

Perekonomian Indonesia didukung oleh sektor industri dan investasi. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan barangbarang modal, di antaranya mesin-mesin pabrik, alat-alat berat, komunikasi, kapal, bahkan peralatan dan perlengkapan TNI/Polri.

c. Bahan Baku

Bahan baku produksi juga didatangkan dari negara lain. Misalnya kapas, obat-obatan, komponen kendaraan bermotor, bahan kimia, dan benang tenun untuk industri kain.
Loading...

0 Response to "Komoditas Ekspor Utama Indonesia Berasal Dari Hasil"

Post a Comment