Karaktristik Benua Amerika Utara Adalah?

Loading...
Loading...
Pembahasan kali ini membahas tentang karak teristik benua Amerika, Negara benua Amerika, batasan benua Amerika, gambar benua Amerika Utara, negara di benua Amerikaa, ciri ciri benua Amerika Utara, tentang benua Amerika Utara, luas benua Amerika dan peta benua Amerika.

Benua Amerika Utara


1) Bentang Alam


Wilayah Amerika Utara merupakan wilayah yang berupa pulau dan kepulauan. Sebagian besar wilayahnya berupa dataran tinggi dan plato, misalnya Dataran Tinggi Laurentia dan Plato Yukon.

Dataran Tinggi Laurentia sangat luas sehingga disebut Perisai Kanada yang membentang di wilayah timur laut Kanada. Wilayah tersebut kaya endapan besi, nikel, tembaga, dan logam.

Pegunungan yang terdapat di Amerika Utara antara lain Pegunungan Rocky yang membentang di bagian barat Amerika Utara.
Karaktristik Benua Amerika Utara Adalah
Amerika Utara
Pegunungan Rocky merupakan rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik sepanjang 4.800 km dari Alaska sampai Meksiko. Di bagian timur Amerika Utara terdapat Pegunungan Appala.

Di wilayah Kanada terdapat Pegunungan Mackenzie, di Amerika Serikat terdapat Pegunungan Sierra Nevada dan Pegunungan Allegheny.

Di Meksiko terdapat Pegunungan Sierra Madre Barat dan Sierra Madre Timur, antara Amerika Serikat dan Kanada membentang Pegunungan Appalachia.

Gunung yang terdapat di Amerika Utara adalah Gunung Mc Kinley (6.194 m) di Alaska, Gunung Pico de Orizaba (5.700 m) di Meksiko, serta Gunung Hoggin (3.233 m) dan Gunung Whitney (4.418 m) di Amerika Serikat.

Di Honduras terdapat Pegunungan Sierra la Esperanza dan Sierra de Agaita. Pegunungan tersebut membentang dari timur ke barat.

Di Nikaragua terdapat Pegunungan Cordillera Isabela, di Kuba terdapat Pegunungan Sierra Mestra dengan puncak tertinggi adalah Gunung Pico Turquino.

Sungai-sungai yang terdapat di Amerika Utara antara lain Sungai Mississippi yang mengalir di Amerika Serikat hingga Meksiko dan Sungai Colorado yang melintas di Amerika Serikat.

Sungai-sungai lainnya adalah Sungai Arkansas, Rio Grande del Norre, dan Sungai Ohio. Di perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada terdapat air terjun Niagara yang sangat terkenal.

Di Amerika Utara juga terdapat danau-danau besar, di antaranya Danau Beruang Besar (Great Bear Lake), Danau Budak Besar (Great Slave Lake), dan Danau Athabasca di Kanada.

Di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat terdapat Great Lake yang terdiri atas lima danau besar, yaitu Danau Superior, Michigan, Huron, Ontario, dan Erie.

Di antara Pegunungan Rocky dan Sierra Nevada terdapat Great Basin, yaitu lembah yang sangat luas. Di tempat tersebut terdapat Danau Garam Besar (Great Salt Lake) dan Lembah Mati (Dead Valley). Danau Managua dan Danau Nikaragua terdapat di negara Nikaragua.

Penduduk

Penduduk Amerika Utara terdiri atas berbagai macam suku bangsa. Di Amerika Utara terdapat tiga suku utama, yaitu orang kulit putih, Mestizo, dan kulit hitam.

Kelompok minoritas adalah dari suku Indian dan Asia. Penduduk asli Amerika Utara adalah bangsa Eskimo dan suku Indian. Bangsa Eskimo menempati Kanada bagian utara.

Bangsa Indian diperkirakan berasal dari Asia sebelum bangsa Eropa datang. Jumlah penduduk Indian semakin terpinggirkan oleh para pendatang.

Mereka ditempatkan di suatu daerah yang disebut Indian Reservation. Di Amerika diperkirakan terdapat 562 suku Indian. Beberapa suku Indian yang sangat terkenal antara lain suku Cheyenne, Comanche, dan Sioux yang hidup di Great Plains.

Suku lainnya adalah suku Apache, Navajo, dan Pueblo yang tinggal di daerah barat daya. Di daerah timur terdapat suku Cherokee, Iroquois, dan Huron.

Loading...

0 Response to "Karaktristik Benua Amerika Utara Adalah?"

Post a Comment