Gerakan 3a

Penjelasan kali ini menjelaskan tentang sejarah gerakan 3a, Tokoh gerakan 3a, isi gerakan 3a, semboyan gerakan 3a, penjelasan lengkap gerakan 3a.

Gerakan Tiga A

Selama masa pendudukan Jepang, bangsa Indonesia dilarang membentuk organisasi sendiri. Akan tetapi, Jepang sendiri membentuk organisasi-organisasi bagi rakyat Indonesia dengan maksud dipersiapkan untuk membantu Jepang.

Organisasi-organisasi ini pada akhirnya berbalik melawan Jepang. Salah satu dan yang pertama adalah Gerakan Tiga A. Gerakan Tiga A merupakan organisasi propaganda untuk kepentingan perang Jepang.

Organisasi ini berdiri pada bulan April 1942. Pimpinannya adalah Mr. Sjamsuddin. Tujuan berdirinya Gerakan Tiga A adalah agar rakyat dengan sukarela menyumbangkan tenaga bagi perang Jepang.
Gerakan 3 a
3A


Semboyannya adalah Nippon cahaya Asia, Nippon pemimpin Asia, Nippon pelindung Asia. Untuk menunjang gerakan ini, dibentuk Barisan Pemuda Asia Raya yang dipimpin Sukarjo Wiryopranoto.

Adapun untuk menyebarluaskan propaganda, diterbitkan surat kabar Asia Raya. Dalam menjalankam aksinya, Jepang berusaha untuk bekerja sama dengan para pemimpin bangsa Indonesia ( bersikap Kooperatif ).

Cara ini digunakan agar para pemimpin nasional dapat merekrut massa dengan mudah dan pemerintahan jepang dapat mengawasi kinerja para pemimpin bangsa.

Tetapi gerakan Tiga A tidak bertahan lama, hal ini dikarenakan kurang mendapat simpati dikalangan masyarakat Indonesia.

Sebagai penggantinya, pemerintah Jepang menawarkan kerjasama kepada tokoh – tokoh nasional bangsa Indonesia.

Dengan kerjasama ini pemimpin – pemimpin Indonesia yang ditahan dapat dibebaskan, diantaranya Ir. Soekarno, Drs. Moch. Hatta, Sutan Syahrir dan lain lain.

Setelah kedok organisasi ini diketahui, rakyat kehilangan simpati dan meninggalkan organisasi tersebut. Pada tanggal 20 November 1942, organisasi ini dibubarkan.

0 Response to "Gerakan 3a"

Post a Comment