Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Penjelasannya

Pertemuan kali ini akan membahas tentang faktor pendorong perdagangan internasional, faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional, faktor perdagangan internasional dan faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional


Faktor-Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah hubungan dagang yang melibatkan suatu negara dengan negara lain untuk mendapatkan barang atau jasa.

Hubungan dagang ini mampu meningkatkan perekonomian suatu negara. Apa sajakah faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional? Beberapa faktor yang mendorong timbulnya perdagangan internasional sebagai berikut.

a. Perbedaan Kemampuan Produksi

Penduduk di suatu negara mempunyai kebutuhan yang beraneka ragam. Padahal, kemampuan produksi setiap negara tidak sama.

Hal ini menyebabkan tidak semua kebutuhan dapat terpenuhi. Untuk mengatasinya, suatu negara menjalin hubungan dagang dengan negara lain. Dengan begitu, kebutuhan di dalam negeri bisa terpenuhi.
Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Penjelasannya
Perdagangan Internasional

b. Perbedaan Kondisi Geografi

Setiap negara memiliki potensi alam yang berbeda-beda. Ada yang kaya hasil hutan, perikanan, maupun tambang.

Perbedaan sumber daya ekonomi dipengaruhi oleh kondisi geografis (wilayah) suatu negara. Kondisi geografis yang berbeda mendorong beberapa negara untuk menjalin kerja sama guna mendapatkan barang-barang yang diinginkan.

c. Perbedaan Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) tiaptiap negara tidak sama. Pada negara maju, perkembangan iptek telah mencapai pada tingkat tinggi.

Sementara itu, pada negara berkembang perkembangan iptek masih tertinggal. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama antarnegara untuk memperoleh manfaat atas kemajuan iptek.

d. Kesamaan Selera atas Suatu Barang

Kesamaan selera memungkinkan masyarakat di berbagai negara untuk mengkonsumsi barang dan jasa yang dipasarkan di negara tersebut. Fenomena ini bisa dilihat di beberapa negara.

Lihatlah perkembangan restoran cepat saji di Indonesia. Di kota-kota besar tersebar restoran cepat saji, seperti KFC, McDonald, Hoka Hoka Bento, dan Dunkin Donuts.

Perkembangan ini disebabkan oleh selera masyarakat Indonesia yang tidak menolak produk dari restoran cepat saji tersebut. Bahkan, masyarakat Indonesia menyukai produk tersebut.
loading...

1 Response to "Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Penjelasannya"