Definisi dan Pengertian Uang Menurut Para Ahli

Loading...
Dalam kehidupan yang semakin berkembang, masyarakat dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti kebutuhan makan, pakaian, tempat tinggal, dan kebutuhan lainnya. Agar dapat mencukupi kebutuhan tersebut diperlukan uang sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Di sini uang mempunyai peranan yang sangat penting, tanpa uang orang sulit memenuhi kebutuhan hidup. Dengan kata lain, setiap orang baik di desa maupun di kota sangat membutuhkan uang sebagai sarana untuk dapat memenuhi kebutuhannya.

Selain uang, lembaga keuangan juga sangat berperan dalam penyediaan modal bagi masyarakat yang membutuhkan. Modal dipakai sebagai sarana  untuk membiayai dalam menciptakan barang/jasa sebagai alat pemuas kebutuhan.

Pokok-pokok materi pada pembahasan kali ini adalah tentang pengertian uang, definisi uang, pengrertian uang menurut para ahli, pengertian uang logam, pengertian uang kertas, pengertian uang kartal, pengertian uang giral dan pengertian uang barang.

Definisi dan Pengertian Uang Menurut Para Ahli
Gambar: Uang


Pengertian Uang 

Setiap hari hampir setiap orang membutuhkan uang sebagai sarana uantuk mendapatkan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhannya, misalnya membeli bensin bagi pengendara kendaraan bermotor, membayar pajak, membeli tiket pertunjukan, membeli aneka barang, membayar uang sekolah, dan sebagainya.

Tapi tahukah kalian apa yang dimaksud dengan uang? Untuk mengetahui dan memahami pengertian uang, di bawah ini dikemukakan beberapa definisi uang dari para ahli ekonomi.

a. D.H. Robetson, uang adalah sesuatu yang umum diterima untuk pembayaran barang.

b. Albert Gailort Hart, uang adalah kekayaan yang dapat digunakan oleh pemiliknya untuk melunasi hutang dalam jumlah tertentu pada waktu itu juga.

c. Rollin G. Thomas, uang adalah segala sesuatu yang diterima secara umum sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang, jasa, dan kekayaan berharga serta untuk pembayaran hutang.

d. R.S. Sayers, uang adalah segala sesuatu yang umum diterima sebagai alat pembayaran hutang.

e. A.C. Pigou, uang adalah segala sesuatu yang umum digunakan sebagai alat penukar.

f. George N. Halm, uang adalah alat untuk mempermudah pertukaran dan dapat mengatasi kesukaran-kesukaran dari barter.

Dari beberapa definisi tersebut dapat diketahui bahwa para ahli ekonomi dalam mendefinisikan uang menitikberatkan pada fungsi uang, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa uang merupakan alat pembayaran yang sah untuk mempermudah pertukaran dan pertukaran.

0 Response to "Definisi dan Pengertian Uang Menurut Para Ahli"

Post a Comment