Dampak Positif Perdagangan Internasional

Pembahasan kali ini akan membahas tentang dampak perdagangan internasional, dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian indonesia, dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian indonesia, dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian dan dampak perdagangan bebas terhadap perekonomian.

Dampak Perdagangan Internasional bagi Indonesia

Untuk mendukung perekonomiannya, Indonesia turut serta dalam perdagangan internasional. Keikutsertaan dalam perdagangan ini menimbulkan dampak positif dan negatif bagi Indonesia.

a. Dampak Positif Perdagangan Internasional

Dampak positif yang timbul dari perdagangan internasional sebagai berikut.

1) Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Dalam Negeri

Setiap negara memiliki sumber daya yang berbeda-beda. Perbedaan ini mengakibatkan hasil produksi menjadi terbatas sehingga kebutuhan dalam negeri tidak terpenuhi.

Adanya perdagangan internasional memungkinkan negara mengimpor barang dari negara lain. Dengan demikian, perdagangan internasional dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama barang yang tidak atau belum diproduksi di dalam negeri.
Dampak Positif Perdagangan Internasional
Dampak Positif Perdagangan Internasional

2) Meningkatkan Devisa Negara

Pada perdagangan internasional, pembayaran dilakukan dalam bentuk valuta asing. Penggunaan valas dapat menambah cadangan devisa sehingga kekayaan negara menjadi lebih banyak.

Akibatnya, pembangunan dapat dilakukan secara lancar selama sumber penerimaan negara terus bertambah.

3) Mendapatkan Barang Berkualitas

Perdagangan internasional mendorong suatu negara untuk melakukan spesialisasi produksi. Melalui spesialisasi, faktor produksi dapat digunakan secara efisien.

Hal ini mengakibatkan masyarakat dalam negeri mendapatkan barang dan jasa berkualitas dengan murah.

4) Memperbaiki Teknologi Produksi

Pada perdagangan internasional, suatu negara dapat belajar menggunakan teknologi maju dari negara lain. Proses pembelajaran ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia suatu negara.

Selain itu, tingkat produktivitas di dalam negeri meningkat.

5) Menjalin Kerja Sama Antarnegara

Perdagangan internasional melibatkan dua negara atau lebih. Hubungan dagang ini mendorong terjalinnya kerja sama antarnegara di berbagai bidang. Kerja sama ini bermanfaat bagi negara yang ikut serta dalam perdagangan internasional.

6) Meningkatkan Jasa Pariwisata

Perdagangan internasional memungkinkan pelaku untuk berkunjung ke suatu negara. Misalnya Indonesia melakukan perdagangan dengan Jerman.

Hubungan ini akan mengundang importir Jerman datang ke Indonesia. Kunjungan ini dapat meningkatkan sektor pariwisata sehingga devisa bertambah.

0 Response to "Dampak Positif Perdagangan Internasional"

Post a Comment