Dampak Negatif Kerjasama Ekonomi Internasional Terhadap Indonesia

Loading...
Pembahasan kali ini akan membahas tentang ekonomi Indonesia, dampak negatif kerjasama ekonomi internasional,  tentang ekonomi Indonesia, tentang ekonomi di Indonesia, kerjasama ekonomi, ekonomi di Indonesia, dampak kerjasama ekonomi Internasional, kerjasama ekonomi dan ekonomi Indonesia

Dampak Negatif Kerja Sama Ekonomi

Tidak selamanya kerja sama ekonomi antarnegara berdampak positif dan menguntungkan negara anggota. Kerja sama antarnegara juga dapat memberikan kerugian bagi negara yang terlibat.

Dampak negatif kerjasama ekonomi internasional Biasanya terjadi kesenjangan sosial dan ekonomi, perbedaan yang mencolok mengenai taraf hidup masyarakat yang kaya dengan masyarakat miskin.

Dampak negatif yang ditimbulkan atas kerja sama ekonomi antarnegara sebagai berikut.

1. Terjadinya pasar bebas yang mengancam keberadaan industri dalam negeri.

2. Potensi ekonomi terkonsentrasi di negara maju yang dapat menyebabkan perekonomian negara berkembang menjadi tertinggal.

3. Perekonomian suatu negara menjadi tidak stabil akibat semakin bebasnya arus investasi swasta.

4. Adanya keterlibatan pihak asing dalam pengambilan kebijakan ekonomi dalam negeri yang dapat mengurangi kemandirian suatu negara.

Dampak Negatif Kerjasama Ekonomi Internasional Terhadap Indonesia
Dampak Negatif Kerjasama EKonomi


5. Ketergantungan perekonomian dalam negeri terhadap bantuan atau pinjaman dari luar negeri.

6. Tidak adanya hambatan dalam kerja sama ekonomi dapat mendorong masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa.

7. Ketergantungan terhadap negara maju

Salah satu bentuk kerja sama antar negara adalah pinjaman modal yang sebenarnya bisa membawa dampak negatif bagi pembangunan ekonomi suatu negara dan menjadikan negara tersebut akan sangat bergantung pada bantuan negara lain.

8. Pasar dalam negeri dikuasai produk asing

Masuknya produk luar negeri ke Indonesia mengakibatkan hanya produk dalam negeri yang berkualitas saja akan mampu bertahan. Sedang produk yang berkualitas akan kalah bersaing.

9. Mundurnya perusahaan dalam negeri

Hal ini akibat dari maraknya produk luar negeri, sehingga dapat memungkinkan terganggunya stabilitas perusahaan dalam negeri.

10. Meningkatnya pengangguran

Alih teknologi dapat memberikan manfaat bagi kehidupan, namun jika di Indonesia penggunaannya secara serentak, akan menyebabkan terjadinya PHK.

Tenaga kerja dituntut memiliki kompetensi tinggi agar mampu bersaing dan mengisi lapangan kerja, mereka yang tidak memiliki kemampuan akan kalah bersaing dan kehilangan pekerjaan.

Maka dari itu, untuk ke depannya skill sangat dibutuhkan dari pada sekedar selembar ijazah yang tidak menjamin kinerja yang baik bagi pemiliknya.

11. Banyaknya TKI ilegal

Keberhasilan TKI dalam meningkatkan taraf hidup, mendorong tenaga kerja lain menjadi TKI. Berbagai cara mereka lakukan agar dapat bekerja di luar negeri, bahkan tanpa melalui prosedur yang seharusnya. TKI ilegal dapat merugikan diri sendiri, selain itu juga akan mencoreng nama baik bangsa Indonesia.

0 Response to "Dampak Negatif Kerjasama Ekonomi Internasional Terhadap Indonesia"

Post a Comment