Contoh Membedakan Fakta Dan Opini Dalam Teks Iklan

Loading...
Pembahasan kali ini adalah tentang fakta dan opini dalam iklan, cara membedakan fakta dan opini dalam teks iklan, kalimat fakta dan opini dalam iklan, contoh fakta dan opini dalam iklan baris, serta contoh iklan fakta dan opini.

Iklan yang dimuat pada media cetak menjadi salah satu jenis teks yang masuk dalam golongan teks persuasif. Teks iklan biasanya memuat pujian terhadap produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Namun demikian, informasi yang termuat dalam teks iklan tersebut belum semuanya merupakan informasi faktual. Artinya, sebagian dari informasi tersebut masih memerlukan pembuktian.

Di sinilah diperlukan kejelian pembaca untuk mampu membedakan antara fakta dan opini dari informasi yang dimuat dalam teks iklan di surat kabar.

Kemampuan ini akan membuat kita tidak mudah termakan bujukan atau rayuan iklan yang masih perlu didukung bukti nyata.
Contoh Membedakan Fakta Dan Opini Dalam Teks Iklan
Gambar: Contoh Opini

Contoh fakta dan opini dalam teks iklan

Cermatilah teks iklan berikut!

=====================================

Dinamika dunia bisnis sangat membutuhkan talenta berkualitas untuk membuat karya bisnis yang bernilai tinggi. Diperlukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berbisnis yang baik agar berhasil mengisi dan menciptakan peluang.

Dengan bergabung bersama Akademi Sekretaris Bintang Timur , Anda akan mendapatkan proses pembelajaran bisnis yang terpadu dan mudah digunakan untuk membuat Anda menjadi pembangunan bisnis handal di masa depan.

AKADEMI SEKRETARIS BINTANG TIMUR
Jl. Senopati Utama Raya Nomor 17 Semarang

=====================================

Dalam tesk iklan tersebut terdapat informasi yang bersifat persuasif. Namun demikian, tidak semua pernyataan dalam iklan tersebut berupa fakta. Ada juga yang berupa opini. Nah, perhatikan dengan cermat kedua paragraf iklan tersebut!

Paragraf ke-1
Dinamika dunia bisnis sangat membutuhkan talenta berkualitas untuk membuat karya bisnis yang bernilai tinggi. Diperlukan pengetahuan, keterampilan dan sikap berbisnis yang baik agar berhasil mengisi dan menciptakan peluang.

Dalam paragraf tersebut, terdapat kata sangat yang merupakan salah satu ciri pernyataan yang merupakan opini. Begitu juga penggunaan kata agar pada kalimat kedua menguatkan bahwa ada sesuatu yang diharapkan, artinya sesuatu belum terjadi sehingga tidak bisa dikatakan sebagai fakta.

Bagaimana dengan paragraf ke-2 ?
Dengan bergabung bersama Akademi Sekretaris Bintang Timur, Anda akan mendapatkan proses pembelajaran bisnis yang terpadu dan mudah digunakan untuk membuat Anda menjadi pembangunan bisnis handal di masa depan.

Tergolong informasi fakta atau opini ? Berikan alasan jawaban kalian melalui kolom komentar di bawah ini! Semoga bermanfaat, mudah kan?

0 Response to "Contoh Membedakan Fakta Dan Opini Dalam Teks Iklan"

Post a Comment