Contoh dan Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank

Loading...
Loading...
Pembahasan kali ini membahas tentang contoh lembaga keuangan bukan bank,pengertian lembaga bukan bank, contoh lembaga keuangan non bank, pengertian lemaga keuangan non bank, fungsi lembaga keuangan bukan bank, contoh lengkap keuangan non bank, manfaat lembaga keuangan bukan bank

Lembaga Keuangan Bukan Bank


Kamu telah berhasil menyelesaikan materi tentang uang dan bank. Akan tetapi, jangan berhenti sampai di sini. Masih ada lembaga keuangan bukan bank yang tidak kalah menariknya untuk kamu ketahui. Apa saja yang termasuk lembaga keuangan bukan bank ini?

a. Pegadaian

Perusahaan Pegadaian merupakan lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman dengan jaminan tertentu. Jaminan tersebut digadaikan oleh nasabah dan kemudian ditaksir oleh pihak Pegadaian untuk menentukan besarnya nilai jaminan.

Jaminan dapat berupa barang-barang berharga seperti perhiasan, sepeda motor, mobil, dan barang-barang elektronik.

Di Indonesia usaha gadai masih dikuasai oleh satu perusahaan milik pemerintah, yaitu Perusahaan Umum Pegadaian atau Perum Pegadaian.

Dengan adanya perusahaan Pegadaian ini masyarakat yang sedang membutuhkan uang tidak perlu lagi meminjam uang kepada para pelepas uang, tukang ijon, atau rentenir yang umumnya menuntut bunga yang sangat tinggi.

b. Perusahaan Sewa Guna Usaha (Leasing)

Kegiatan utama perusahaan sewa guna usaha adalah bergerak di bidang pembiayaan untuk keperluan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasabah.

Misalnya seorang nasabah membutuhkan barang modal, seperti mesin pabrik dan mobil. Ia dapat menyewa atau dibeli secara kredit dari perusahaan leasing.

Perusahaan leasing juga dapat bergerak di bidang pembiayaan konsumen. Perusahaan leasing tidak boleh melakukan kegiatan seperti bank yaitu memberikan jasa simpanan dan kredit dalam bentuk uang.

c. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah usaha di bidang keuangan yang menghimpun dana dari anggota kemudian menyalurkan kembali dana tersebut kepada anggota dan masyarakat umum.

Bunga yang diberikan dalam koperasi simpan pinjam relatif ringan sekitar 12% setahun. Akan tetapi, pinjaman yang diberikan juga tidak terlalu besar karena modal yang dimiliki koperasi umumnya terbatas.
Contoh dan Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank
LKBB

d. Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi merupakan perusahaan yang melakukan usaha pertanggungan terhadap risiko yang akan dihadapi oleh nasabahnya. Setiap nasabah akan dikenakan polis asuransi yang harus dibayar sesuai dengan perjanjian.

Perusahaan asuransi akan menanggung kerugian dengan menggantikan apabila nasabah kena musibah atau kena risiko seperti yang telah diperjanjikan.

Usaha asuransi merupakan kegiatan menanggung risiko yang dikaitkan dengan keuangan karena ada polis yang dibayar dan klaim yang diterima nasabah. Besarnya polis akan menentukan besarnya klaim yang akan diterima.

Perusahaan asuransi dapat bergerak di bidang asuransi kredit, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kebakaran, asuransi beasiswa, asuransi kehilangan, dan asuransi hari tua

e. Dana Pensiun

Dana pensiun merupakan perusahaan yang memungut dana dari karyawan suatu perusahaan dan memberikan pendapatan kepada peserta sesuai perjanjian.

Dana pensiun dikelola oleh suatu lembaga. Lembaga inilah yang memungut dana karyawan perusahaan kemudian membayarkannya kembali dana tersebut dalam bentuk pensiun setelah jangka waktu tertentu.

Misalnya saat karyawan telah memasuki usia pensiun atau sebab-sebab lain. Lembaga dana pensiun akan menginvestasikan dana yang terkumpul dalam sektor-sektor produktif yang menguntungkan.

f. Pasar Modal

Pasar modal merupakan tempat pertemuan dan melakukan transaksi antara para pencari dana (emiten) dengan para penanam modal (investor).

Emiten di pasar modal adalah perusahaanperusahaan yang berusaha menjual efek atau surat berharga seperti saham dan obligasi di pasar modal.

Investor adalah pihak yang ingin membeli efek di perusahaan yang menurut mereka menguntungkan. Pasar modal atau dikenal dengan bursa efek di Indonesia awalnya ada dua, yaitu Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya.

Akan tetapi, kedua bursa efek tersebut kemudian digabung dengan nama Bursa Efek Indonesia.

g. Pasar Uang

Hampir sama dengan pasar modal, pasar uang merupakan tempat memperoleh dana dan menginvestasikan dana.

Akan tetapi, instrumen yang dijual di pasar uang merupakan instrumen jangka pendek. Peserta pasar uang adalah bank atau lembaga keuangan yang memerlukan dana jangka pendek.

h. Pasar Valuta Asing

Pasar valuta asing merupakan pasar ketika transaksi valuta asing dilakukan baik antarnegara maupun dalam satu negara.

Transaksi dalam pasar valuta asing dapat dilakukan oleh badan usaha maupun perseorangan dengan berbagai tujuan. Dalam transaksi di pasar valuta asing ada nilai tukar atau kurs yang berubah-ubah sesuai dengan situasi ekonomi maupun politik.
Loading...

2 Responses to "Contoh dan Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete