Cara Menyimpulkan Isi Khutbah

Loading...
Kita semua adalah umat beragama. Dalam kehidupan beragama ada suatu wacana lisan maupun wacana tulis berupa petunjuk atau nasihat tentang keagamaan yang disampaikan oleh seorang rohaniwan agama yang disebut khotbah.

Biasanya khotbah disampaikan pada acara peribadatan masing-masing agama, misalnya pada sholat Jumat, sholat tarawih, kuliah subuh, kebaktian di gereja, sembahyangan di pura, vihara dan lain sebagainya.

Inti khotbah biasanya adalah seruan kepada masing-masing umat beragama agar menambah ketaqwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Cara Menyimpulkan Isi Khutbah

Begitu pentingnya khotbah sehingga kalian perlu dilatih untuk memahami dan mampu menyimpulkan isi sebuah khotbah.

1. Mendengarkan khotbah harus khusyu

Sebagai bagian dari peribadatan, khotbah harus didengarkan dengan penuh kekhusyuan. Kalian sebaiknya tidak menyibukkan diri maupun menyibukkan hati kepada masalah lain ketika mendengarkan khotbah.

Cara Menyimpulkan Isi Khutbah
Gambar: Contoh Khutbah Aa Gym

2. Menjaga konsentrasi

Kesuksesan penyimakan atau pendengaran sangat dipengaruhi kemampuan kalian berkonsentrasi. Pusatkan perhatian dan pendengaran ke arah khotbah.

3. Mempertajam daya ingat

Pada saat mendengarkan khotbah, tidak diperkenankan  melakukan aktivitas lain seperti mencatat. Oleh karena itu, tajamkanlah daya ingat untuk menyimpan setiap pesan khotbah.

Hal itu sangat berbeda dengan kegiatan mendengarkan pidato atau pembacaan berita dimana kita dapat dibantu dengan mencatat bagian-bagian penting.

4. Mengendapkan dan menyimpulkan isi khotbah

Dengarkan, renungkan, kemudian jalani nasihat-nasihat khotbah. Satu hal yang ingin dilatihkan dalam pembelajaran ini, dengarkan lalu buatlah simpulan isi khotbah.

0 Response to "Cara Menyimpulkan Isi Khutbah"

Post a Comment