Cara Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif

Loading...
Pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana cara menyimpulkan isi dialog interaktif, contoh dialog interaktif, dialog interaktif TV One, teks dialog interaktif, contoh dialog interaktif singkat, contoh dialog interaktif di televisi dan dialog interaktif beserta kesimpulannya.

Dialog merupakan salah satu bentuk pembicaraan yang dapat digunakan untuk mencari pemecahan masalah. Dalam dialog, masing-masing pihak dapat menyampaikan sumbangan pemikiran untuk menemukan solusi dari sebuah permasalahan.

Cara menyimpulkan dialog interaktif

Bahkan, dialog ternyata mampu digunakan untuk menyelesaikan permasalahan bangsa. Forum-forum dialog antarbangsa pun sering dilakukan. Apakah kalian juga sering berdialog untuk mencari pemecahan masalah?
Cara Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif
Gambar: Contoh Dialog Interaktif

1. Mendaftar Butir-Butir Penting Isi Dialog

Dalam kegiatan mendengarkan dialog, sebaiknya kalian perlu menyiapkan catatan kecil. Gunanya untuk mencatat butirbutir penting yang dibicarakan dalam dialog. Dari uraian yang disampaikan oleh narasumber, catatlah hal-hal penting yang disampaikan dalam dialog tersebut!

Perhatikan contoh berikut!

Tuturan Dialog
Narasumber 1 : Dalam analisa saya, perkembangan dunia pertelevisian harus tetap memerhatikan   budaya dan etika agar siaran-siarannya tidak memberikan pengaruh yang kurang baik.

Narasumber 2 : Saya sependapat dengan Anda. Media harus ikut menjadi penjaga budaya bangsa dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Butir Penting yang Dicatat
Kemajuan media harus tetap memperhatikan budaya, menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Menyimpulkan Isi Dialog

Berdasarkan butir-butir penting isi dialog yang telah dicatat, dapat ditarik hubungan untuk membuat simpulan isi dialog.

Perlu diingat, bahwa simpulan harus memuat intisari dari hal yang dibicarakan dalam dialog. Pernyataan simpulan tidak perlu panjang, namun sudah mencakup banyak hal.

Perhatikan contoh berikut!

Butir-Butir Penting Isi Dialog
1. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi penting bagi suatu bangsa.
2. Kemajuan media harus tetap
3. Bangsa yang besar harus memiliki budaya sebagai identitas bangsa.

Simpulan Dialog
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi harus tetap menjaga budaya sebagai identitas

0 Response to "Cara Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif"

Post a Comment