Cara Menulis Teks Pidato yang Baik dan Benar

Loading...
Pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang cara menulis teks pidato dengan baik dan benar, menulis teks pidato dengan sistematika dan bahasa yang efektif, contoh teks pidato dan contoh naskah pidato singkat bahasa Indonesia.

Menulis teks pidato

Dari beberapa model berpidato, manakah yang kalian senangi? Berpidato dengan membaca teks, berpidato tanpa teks, berpidato dengan garis besar atau kerangka naskah, atau berpidato secara mendadak tanpa persiapan?

Model apa pun yang kalian pilih, tentu harus dipersiapkan dengan sebaikbaiknya. Tak ada model yang dikatakan paling baik dibanding model yang lain.

Model pidato yang dipilih tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pidato. Pidato kenegaraan seorang presiden misalnya, akan lebih baik jika disampaikan dengan naskah lengkap.

Mengapa? karena selain memuat hal yang penting naskah pidato itu juga bisa menjadi bukti sejarah dan diarsipkan.


Cara menulis teks pidato dengan baik dan benar

Pada pembelajaran bagian ini, kalian akan berlatih untuk menulis teks pidato sesuai dengan maksud dan tujuan pidato.

Berapa pertimbangan dalam menyusun teks pidato sebagai berikut.
Cara Menulis Teks Pidato yang Baik dan Benar
Gambar: Menulis Teks Pidato

1. Maksud dan tujuan pidato

Sebelum teks pidato dibuat sebaiknya diketahui lebih dulu maksud dan tujuan pidato. Pidato biasanya memiliki maksudmaksud antara lain: menjelaskan, meyakinkan, menghibur, membujuk, menasihati dll. Hal ini penting agar teks yang disusun dapat sesuai dengan tujuan yang dimaksud.

2. Pendengar pidato

Menganalisa calon pendengar pidato juga termasuk unsur pertimbangan penulisan teks pidato, terutama akan mempengaruhi pemakaian kata-kata yang sesuai dengan tingkat pemikiran pendengar pidato. Harapannya hal-hal yang disampaikan dalam pidato dapat terserap secara maksimal oleh pendengar.

3. Tema pidato

Semua tentu sepakat bahwa tema pidato penting untuk diketahui. Tema akan mengikat segala gerak teks pidato yang kita susun. Tujuannya, agar tidak keluar dari tema yang sudah ditetapkan.

Setelah unsur-unsur tadi dapat dipahami, barulah kita mulai menulis teks pidato. Pada awalnya mulailah dengan terlebih dulu merencanakannya melalui kerangka teks.

Kerangka teks pidato pada umumnya terdiri hal-hal berikut.
a. Pembukaan, meliputi: salam pembuka, ungkapan syukur.
b. Isi, meliputi: inti masalah, ilustrasi atau contoh dan penjelasan.
c. Penutup, meliputi: simpulan, harapan dan penutup.

0 Response to "Cara Menulis Teks Pidato yang Baik dan Benar"

Post a Comment