Cara Menilai Pementasan Drama dan Contohnya

Loading...
Dunia karya sastra sangat lekat dengan kegiatan apresiasi. Dalam kegiatan apresiasi, seorang apresiator selain melakukan kegiatan menikmati, juga diharapka menilai terhadap sebuah karya sastra.

Agar mampu menjadi penilai yang baik, diperlukan bekal pengetahuan tentang apa yang akan dinilai.

Pada kegiatan pembelajaran ini, kalian akan diminta untuk menyampaikan penilaian pementasan sebuah drama. Aspek yang ditekankan adalah keterampilan berbicara, yaitu teknik penyampaian penilaian kalian terhadap sebuah pementasan drama.

Unsur-Unsur yang Dinilai dari Pementasan Drama

Unsur-unsur yang harus dinilai dari sebuah pementasan drama sebagai berikut.

a. Tata panggung

Panggung merupakan tempat latar sebuah drama dimainkan. Tata panggung yang baik merupakan pendukung keberhasilan permainan drama.

Cara Menilai Pementasan Drama dan Contohnya
Gambar: Pementasan Drama

b. Tata busana

Keberhasilan seorang pelaku memerankan lakon didukung busana atau kostum. Perlu dipertimbangkan , apakah busana atau kostum sudah sesuai dengan lakon yang diperankan.

c. Ekspresi pemeran

Penjiwaan yang total dari para pemeran dalam memerankan tokoh yang mereka mainkan akan menjadi kunci penentu keberhasilan sebuah pentas drama.

Penyampaian Penilaian yang Objektif dan Santun

Setelah unsur yang akan kalian nilai atas sebuah pementasan drama telah kalian ketahui, sampaikanlah penilaian kalian atas pentas tersebut dengan objektif.

Artinya, tanpa dipengaruhi rasa suka atau tidak suka terhadap lakon maupun para pelakon drama tersebut.

Satu hal yang tak pernah boleh dilupakan adalah sampaikan penilaian yang objektif tadi dengan penuh kesantunan agar objek yang kalian nilai dengan lapang dada dapat menerima hasil penialian.

Pembicaraan yang komunikatif dan lancar

Kunci keberhasilan sebuah aktivitas berbicara di depan umum adalah bahasa pembicaraan yang mudah dipahami pendengar dan penyampaian pembicaraan yang lancar.

Ketidaklancaran pembicaraan biasanya disebabkan ketidaksiapan pembicara atau adanya demam panggung, rasa takut yang berlebihan menghadapi pendengar. Hal itu jangan pernah terjadi pada diri kalian.

0 Response to "Cara Menilai Pementasan Drama dan Contohnya"

Post a Comment