Cara Memberi Komentar Terhadap Isi Pidato/Ceramah

Loading...
Pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana cara mengomentari isi pidato atau ceramah, cara memberikan komentar yang baik terhadap isi pidato atau ceramah dan metode berkomentar terhadap pidato atau ceramah dengan baik.

Ada sebuah cerita untuk kalian. Ketika diadakan upacara dalam rangka memperingati HUT ke-70 Republik Indonesia, disampaikan pidato tertulis bupati dari sebuah kabupaten di Jawa Tengah.

Sambutan itu cukup panjang bahkan lebih panjang dari amanat pembina upacara biasanya. Nah, setelah upacara selesai, para peserta upacara pun berkomentar.

Mengomentari Isi Pidato

Aneka ragam komentar mereka, ada yang mengomentari isi pidato, ada yang mengomentari isu menarik yang diungkap dalam pidato tetapi ada pula yang mengomentari panjangnya pidato dan cara pembacaannya.

Manakah komentar yang tepat di antara komentar-komentar yang diberikan oleh para peserta upacara? Semua komentar yang mereka sampaikan benar dan tepat.

Ketika sebuah pidato disampaikan, maka akan melahirkan berbagai komentar. Memberikan komentar mungkin merupakan hal yang sangat mudah jika komentar yang disampaikan hanya sekadar komentar.

Ketika seseorang mendengarkan pidato kemudian memberikan komentar, diharapkan komentar-komentar yang disampaikan merupakan penilaian terhadap pidato yang baru saja disampaikan. Baik itu mengenai materi pidato maupun penampilan pidatonya.
Cara Memberi Komentar Terhadap Isi Pidato/Ceramah
Foto: Pidato Presiden B.J. Habibie

Bagaimana memberi komentar yang baik? 

Tengok saja pada saat ada acara pemilihan dai cilik di salah satu stasiun televisi swasta. Setelah seorang peserta menampilkan pidato dakwahnya, kemudian para ustadz memberikan komentar tentang penampilan peserta tadi.

1. Mendengarkan dengan penuh perhatian

Agar dapat memberikan komentar pidato secara lengkap, maka pada saat mendengarkan pidato harus dengan konsentrasi yang penuh.

Perhatikan secara lengkap baik bagaimana penyampaian pidatonya, bahasanya, gaya pidatonya, termasuk isi atau materi pidatonya.

2. Menilai dengan objektif

Memberikan komentar boleh dikatakan juga sebagai bentuk lain dari menilai. Apa yang disampaikan oleh komentator adalah bentuk penilaian terhadap penampilan pidato.

Oleh karena itu sampaikan penilaian dengan objektif tanpa dicampuri rasa suka atau tidak suka dengan orang yang berpidato.

Selain itu jika penilaian diberikan secara objektif akan menjadi masukan yang sangat bermanfaat bagi yang berpidato agar penampilan berikutnya semakin baik.

3. Memberikan komentar dengan bahasa yang menarik dan komunikatif

Setelah semua bahan tentang komentar pidato sudah siap, berikan komentar atas pidato seseorang tersebut dengan bahasa yang simpatik.

Jauhkan kalimat komentar yang bernada menggurui tetapi berikan masukan sebagai saran penyempurnaan. Hindari pernyataan yang sifatnya menjelekan.

Sampaikan komentar dengan bahasa yang komunikatif sehingga orang yang dikomentari dapat mencerna apa isi komentar.

0 Response to "Cara Memberi Komentar Terhadap Isi Pidato/Ceramah"

Post a Comment