Bentuk Kerjasama Asean di Bidang Ekonomi

Loading...
Pembahasan kali ini membahas tentang bnetuk kerja sama asean, kerja sama asean di bidang politik, kerja sama asean di bidang politik,  bentuk bentuk kerja sama asean, bentuk bentuk kerja sama negara asean, contoh kerja sama negara asean, kerja sama ekonomi negara asean dan kerja sama asean.

Kerja Sama Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara


Negara-negara di kawasan Asia Tenggara melakukan kerja sama demi kemajuan bersama. Kerja sama dilakukan di banyak bidang,  seperti ekonomi.

1. Membuka Pusat Promosi ASEAN untuk perdagangan, investasi dan pariwisata di Tokyo Jepang, dengan tujuan untuk meningkatkan ekspor ke Jepang dan meningkatkan penanaman modal serta arus wisata Jepang ke negara-negara ASEAN.

2. Menyediakan Cadangan Keamanan Pangan ASEAN, terutama beras, untuk keperluan darudat. Cadangan pangan tiap-tiap negara adalah:
  • Indonesia : 12.000 ton
  • Malaysia : 6.000 ton
  • Filipina : 12.000 ton
  • Muangthai : 15.000 ton
  • Singapura : 5.000
3. Menyelenggarakan pembangunan proyek-proyek industri ASEAN, antara lain:
  • proyek pabrik pupuk urea ammonia di Aceh, Indonesia (ASEAN Aceh Fertilizer Project).
  • proyek pabrik urea di Malaysia (ASEAN Urea Project).
  • proyek industri tembaga di Filipina (ASEAN Copper Fabrication Project).
  • proyek pabrik vaksin di Singapura (ASEAN Vaccine Project).
  • proyek abu soda di Muangthai (Rock Salt Soda Ash Project).
Bentuk Kerjasama Asean di Bidang Ekonomi
Kerjasama ASEAN
Dan kerja sama di bidang lainnya seperti, politik, perdagangan, dan keamanan. Kerja sama negara negara Asia Tenggara yang terkenal disebut Association of Southeast Asia Nations (ASEAN).

ASEAN merupakan organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara Asia Tenggara. Organisasi ini didirikan oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand di Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967.

Pertemuan kelima negara tersebut menghasilkan Deklarasi Bangkok dan sepakat membentuk ASEAN. ASEAN dibentuk dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan negaranegara anggota.

Selain itu, ASEAN bertujuan memajukan perdamaian dan stabilitas regional di kawasan Asia Tenggara. Saat ini ASEAN beranggotakan seluruh negara di kawasan Asia Tenggara, kecuali Timor Leste dan Papua Nugini.

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-6 pada tahun 1992 di Singapura membahas peningkatan kerja sama bidang ekonomi. Kerja sama ini mengarah pada pembentukan perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara (ASEAN Free Trade Area/AFTA) yang dimulai tahun 2003.

Pada tahun 2015 diharapkan suatu komunitas ekonomi ASEAN sudah terbentuk. Kerja sama ekonomi bertujuan mewujudkan integritas ekonomi yang telah dekat di antara negara-negara anggota ASEAN.

1 Response to "Bentuk Kerjasama Asean di Bidang Ekonomi "

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ekonomi. Ekonomi merupakan suatu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari untuk kebutuhan kehidupan sehari-hari. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai ekonomi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete