Bentang Alam Benua Asia

Loading...
Loading...
Pembahasan kali ini membahas tentang bentang alam, bentang alam asia, bentang alam benua, karaktristik benua, karaktristik benua asia dan tentang benua asia.

Benua Asia

Bumi merupakan satu-satunya planet yang ditempati makhluk hidup. Bumi terdiri atas dua bagian utama, yaitu daratan dan lautan.

Selain itu, bumi juga terbagi atas belahan bumi utara dan selatan serta belahan bumi barat dan timur. Perbedaan letak lintang berpengaruh pada keadaan alamnya.

Setiap benua memiliki karakteristik alam yang berbeda-beda. Hal itu berpengaruh pada karakteristik penduduknya. Karakteristik bentang alam dan penduduk dari tiap-tiap benua dapat kamu pelajari dari penjelasan berikut.

1) Bentang Alam

Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luas Benua Asia sekitar 43.998.920 km2. Luas ini hampir sama dengan 4 1/2 kali luas Benua Eropa atau 22 kali luas Indonesia.

Negara yang paling luas di Asia adalah Cina (9.596.961 km2) dan yang terkecil adalah Singapura (683 km2). Benua Asia memiliki iklim yang sangat beragam.
Bentang Alam Benua Asia
ASIA
Iklim yang beragam tersebut disebabkan oleh wilayah Asia yang sangat luas, topografinya beraneka ragam, dan akibat pengaruh letak daratan terhadap samudra.

Benua Asia memiliki relief yang beragam dari dataran rendah di tepi pantai hingga daerah pegunungan yang tertutup salju.

Dataran rendah terdapat di sekitar aliran sungai-sungai di Cina (Sungai Ob, Yen Sei, Huang Ho, dan Yangtse), India (Sungai Indus dan Gangga), Semenanjung Malaya, serta Indonesia. Dataran tinggi terdapat di Semenanjung Arab, India, dan Dataran Tinggi Tibet.

Daerah pegunungan terdapat di Indonesia, Jepang, Taiwan, dan Filipina. Pegunungan yang terkenal adalah Pegunungan Himalaya. Pegunungan ini merupakan pegunungan terbesar di dunia. Gunung tertinggi adalah Gunung Everest.

Deretan pegunungan yang melewati Asia adalah Sirkum Mediteran dan Sirkum Pasifik. Sirkum Mediteran dimulai dari Pegunungan Turki, Iran, Afganistan, Kashmir, India, Myanmar, dan India.

Jalur ini juga melewati Indonesia melalui Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, dan berakhir di Kepulauan Banda. Sirkum Pasifik merupakan jalur pegunungan yang melewati Kepulauan Jepang, Taiwan, Filipina, Sulawesi, Maluku Utara, dan Papua.

Sebagian besar gunung yang terdapat pada jalur ini merupakan gunung berapi yang masih aktif sehingga wilayahnya sangat rawan terhadap letusan gunung dan gempa bumi.

Di Asia terdapat beberapa teluk besar, di antaranya Teluk Benggala, Oman, Aden, dan Siam. Selain itu, di Asia juga terdapat gurun pasir yang sangat luas, yaitu Gurun Gobi yang terdapat di Mongolia.

Gurun pasir lainnya adalah Gurun Thar di India dan Pakistan, Tamaklan di Cina, dan Gurun Rub’al Kali yang terdapat di sebagian besar Asia Barat.

2) Penduduk

Benua Asia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Penduduk terbesar di dunia terdapat di Benua Asia, yaitu di negara Cina. Penduduk Asia terdiri atas berbagai suku bangsa. Suku bangsa yang ada di Asia sebagai berikut.

a) Bangsa Mongoloid terdiri atas negara Cina, Jepang, Mongolia, Korea, Tibet, Manchuria, Kirgis, Myanmar, Thailand, dan Indo-Cina.

b) Bangsa Melayu meliputi negara Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Brunei Darussalam.

c) Bangsa Dravida meliputi negara Sri Lanka, India, Bangladesh, dan Pakistan.

d) Bangsa Kaukasoid meliputi negara Arab, Iran, Yahudi, dan Armenia.
Loading...

0 Response to "Bentang Alam Benua Asia"

Post a Comment