Bentang Alam Benua Afrika

Pembahasan kali ini membahas tentang bentang alam, bentang alam afrika, bentang alam benua, karaktristik benua, karaktristik benua afrika dan tentang benua afrika.

Benua Afrika


1) Bentang Alam

Benua Afrika adalah benua terbesar ketiga yang ada di belahan selatan bumi. Luasnya sekitar 30.244.050 km2. Luas ini meliputi kira-kira seperlima dari permukaan bumi.

Benua Afrika dengan Eropa dipisahkan oleh Selat Gibraltar, Laut Tengah, dan Laut Merah. Afrika menyatu dengan Asia di ujung timur lautnya melalui Terusan Suez yang memiliki lebar 130 km.

Benua Afrika dilalui oleh beberapa sungai besar. Sungai yang melewati Afrika antara lain Sungai Nil dengan panjang 6.400 km. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia yang melewati negara Sudan dan Mesir.

Selain itu, Afrika juga dilewati Sungai Zambesi, Kongo, Niger, dan Orange. Danau yang terdapat di Afrika antara lain Danau Victoria, Tanganyika, Chad, dan Nasser. Daratan Afrika sangat luas meliputi hampir seperlima dari luas daratan di bumi.

Daerahnya antara lain berupa gunung dan pegunungan. Pegunungan lipatan terdapat di ujung utara Benua Afrika, yaitu Pegunungan Atlas.
Bentang Alam Benua Afrika
Benua Afrika
Gununggunung yang ada di Afrika antara lain Gunung Kilimanjaro (5.890 m) di Tanzania, Gunung Kamerun (4.070 m) di Kamerun, Gunung Margherita (5.109 m) di Kongo, Gunung Kinyeti (3.187 m) di Sudan, Gunung Ras Dashen (4.629 m) di Ethiopia, dan Gunung Emi Koussi (3.415 m) di negara Chad.

2) Penduduk

Jumlah penduduk yang mendiami Afrika diperkirakan lebih dari 800 juta. Jumlah ini menempatkannya pada posisi kedua dalam jumlah penduduk setelah Asia.

Penduduk Afrika identik dengan bangsa Negro yang berkulit hitam. Penduduk asli Afrika digolongkan sebagai berikut.

a) Ras Negroid

Penduduk asli Afrika adalah orang Negro. Jumlahnya sekitar 63% dari penduduk Afrika. Ciri-ciri orang Negro adalah berkulit hitam dan berambut keriting. Orang Negro dibedakan menjadi dua, yaitu Negro Sudan dan Negro Bantu.

b) Ras Kaukasoid-Hamit

Kelompok ini termasuk bangsa kulit putih. Mereka dibagi lagi menjadi bangsa Hamit, Semit, dan Eropa.

Bangsa Hamit terdiri atas bangsa Berber (tinggal di sekitar Pegunungan Atlas), bangsa Mesir (tinggal di Mesir), bangsa Taureg (tinggal di Sahara Barat), dan bangsa Fulba (tinggal di Sudan).

Bangsa Semit dibedakan menjadi dua, yaitu bangsa Arab atau Moer (tinggal di pantai utara dan timur Afrika) dan bangsa Yahudi (tinggal di kota-kota Afrika Utara). Bangsa Eropa terdiri atas bangsa Jerman, Inggris, Belanda, Italia, Spanyol, dan Belgia.

c) Orang Kerdil (Etnik Khusus)

Orang kerdil terbagi lagi menjadi beberapa kelompok, yaitu Bushmen di sekitar Gurun Kalahari, Hottento di Afrika Barat Daya dan Pigmi yang tinggal di pedalaman Kongo. Penduduk Afrika menganut agama yang berbedabeda.

Sekitar 40% menganut agama Kristen, 40% muslim, dan 20% menganut agama asli Afrika. Bahasa yang digunakan penduduk sangat beragam. Diperkirakan di Afrika terdapat ribuan bahasa.

Kecuali beberapa negara di Afrika Timur, beberapa negara di Afrika telah mengadopsi bahasa resmi dari luar.

Misalnya bahasa Inggris dan Prancis yang digunakan sebagai bahasa resmi seperti di lingkungan pemerintahan, perniagaan, pendidikan, dan media massa.

Bahasa lain yang digunakan adalah bahasa Arab, Portugis, Afrikans, dan Malagasy. Penduduk Afrika masih banyak yang hidup dalam kemiskinan.

Mereka kekurangan pangan sehingga terjadi kelaparan dan kematian yang menyedihkan. Hal tersebut disebabkan oleh bencana kekeringan dan perang antarsuku yang terus-menerus terjadi. Peristiwa tersebut antara lain terjadi di negara Ethiopia dan Sudan.
loading...

0 Response to "Bentang Alam Benua Afrika"

Post a Comment