Pengertian Bank Dunia dan Tujuannya sebagai Badan Kerajasama Ekonomi Internasional multilateral

Pembahasan kali ini akan membahas tentang badan kerjasama ekonomi internasional, kerja sama ekonomi internasional, kerja sama ekonomi regional, kerjasama ekonomi regional, kerjsama multilateral, badan kerjasama ekonomi internasional,  badan kerjasama ekonomi regional, badan kerjasama regional dan contoh kerja sama, contoh kerjasam multillateral, bentuk kerjasama multilateral, kerjasama bilateral, multilateral dan bisnis kerjasama.

Bank Dunia sebagai Badan Kerja Sama Multilateral

Pengertian Bank Dunia adalah badan dunia yang membantu suatu negara dalam mengentaskan kemiskinan dan memperbaiki kehidupan masyarakat.

Badan ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 berdasarkan kesepakatan Konferensi Bretton Woods dan resmi beroperasi pada tanggal 25 Juni 1946.

Badan ini bertugas membantu negara-negara yang rusak akibat perang dengan memberikan bantuan kebijakan dan pendanaan.

Tujuan Bank Dunia adalah:
  • Membantu perbaikan dan pendanaan pembangunan negara anggota, 
  • Mempromosikan investasi swasta asing dengan memberikan jaminan pinjaman yang berkaitan dengan investasi, 
  • Mempromosikan pinjaman jangka panjang dalam perdagangan antarnegara dan 
  • menyeleksi program penting berkaitan dengan investasi swasta asing. 
Pengertian Bank Dunia dan Tujuannya sebagai Badan Kerajasama Ekonomi Internasional multilateral
Bank Dunia
Dalam menjalankan tugasnya, Bank Dunia memiliki lembaga keuangan sebagai berikut.

a) International Bank for Reconstruction and Development (IBRD)

International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) adalah badan dunia dalam bidang perbankan untuk pembangunan dan kemajuan negara berkembang. Badan ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 dan mulai beroperasi tanggal 6 Juni 1946.

IBRD memiliki tujuan memberikan bantuan dalam jangka panjang dan jangka pendek bagi negara yang sedang membangun, memberi bantuan teknik secara cuma-cuma, serta meningkatkan perdagangan internasional.

b) International Development Association (IDA)

International Development Association (IDA) atau Asosiasi Pembangunan Internasional adalah badan dunia yang menangani bidang pembangunan, berdiri pada tanggal 15 September 1960.

IDA bertujuan memajukan pembangunan ekonomi, meningkatkan produktivitas, dan menaikkan standar hidup negara-negara anggota yang kurang maju.

Selain itu, IDA memberikan hibah atau bantuan untuk melaksanakan pembangunan proyek bagi negara miskin. Misalnya, proyek air bersih, penanggulangan wabah penyakit, dan mengurangi efek rumah kaca.

c) Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA)

Badan Kerajasama Ekonomi Internasional dan contoh kerjasama multilateral.Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) atau Badan Penjamin Investasi Multilateral adalah badan yang didirikan untuk menjamin investasi modal langsung ke negara-negara berkembang.

Misalnya mendirikan pabrik atau perusahaan, pembangunan jalan, bendungan, dan pembangkit listrik.

Investasi modal memiliki tujuan mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negara-negara sedang berkembang. Selain itu, MIGA juga mempromosikan investasi langsung ke negara-negara yang sedang berkembang.

d) International Financial Corporation (IFC)

International Financial Corporation (IFC) adalah badan dunia dalam bidang keuangan yang memberikan bantuan modal kepada sektor swasta.

Badan ini berdiri pada tahun 1956 dengan tujuan memajukan pembangunan ekonomi negara-negara berkembang melalui pemberian modal guna mendorong pertumbuhan sektor swasta, membantu swasta mengalokasikan dana di pasar uang dunia, serta menyediakan bantuan teknik dan analisis bagi dunia usaha dan pemerintah.

e) International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID)

International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID) atau Asosiasi Internasional untuk Penyelesaian Perselisihan Investasi atau Internasional dibentuk pada tahun 1966.

Badan ini bertugas untuk menyelesaikan perselisihan investasi atau penanaman modal antara pemerintah dan negara asing.

loading...

0 Response to "Pengertian Bank Dunia dan Tujuannya sebagai Badan Kerajasama Ekonomi Internasional multilateral"

Post a Comment