Tujuan dan Faktor Pendorong Kerja Sama Ekonomi Internasional

Pembahasan kali ini akan membahas tentang, kerjasama ekonomi internasional, pengertian kerja sama ekonomi internasional, hubungan internasional, pengertian kerjasama ekonomi internasional, tujuan kerjasama ekonomi internasional, faktor faktor pendorong kerja sama ekonomi, dan pendorong kerja sama ekonomi.

Faktor-Faktor Pendorong Kerja Sama Ekonomi

Mengapa suatu negara melakukan kerja sama dengan negara lain? Beberapa faktor yang mendorong kerja sama ekonomi antarnegara sebagai berikut.

a. Terbatasnya Kemampuan Negara dalam Memproduksi Barang dan Jasa


Jenis barang dan jasa yang dibutuhkan penduduk suatu negara sangat beragam. Terutama negara yang jumlah penduduknya besar seperti Indonesia.

Di sisi lain, kemampuan untuk memenuhi semua kebutuhan itu terbatas.

Penyebabnya antara lain tidak memiliki sumber daya alam atau teknologi. Untuk mengatasinya, negara tersebut melakukan perdagangan dengan negara lain.
Pengertian kerja Sama Ekonomi Internasional: Faktor faktor Pendorong Kerja Sama Ekonomi
Tujuan Kerjasama Ekonomi

b. Perbedaan Sumber Daya Alam, Iklim, dan Sosial Budaya

Faktor-faktor alami yang dimiliki tiap-tiap negara tidaklah sama. Contohnya, sumber daya alam, iklim, dan keadaan sosial budaya di Indonesia berbeda dengan Jepang.

Indonesia bisa menghasilkan kayu tropis yang berdiameter tebal, sedangkan Jepang tidak. Masyarakat Jepang yang membutuhkan kayu untuk bahan bangunan bisa membeli dari Indonesia. Hal ini akan mendorong kerja sama antara dua negara tersebut.

c. Tuntutan Era Globalisasi

Terjadinya era globalisasi menyebabkan tidak ada satu negara di dunia yang dapat hidup sendiri. Tiap-tiap negara saling terintegrasi satu sama lain.

Kemajuan teknologi menyebabkan batas-batas negara seolah menjadi kabur. Globalisasi harus dimanfaatkan sebagai peluang untuk meningkatkan kesejahteraan melalui kerja sama ekonomi.

d. Keinginan Membuka Kerja Sama, Hubungan Politik, dan

Dukungan dari Negara Lain Selain keuntungan yang bersifat ekonomi, kerja sama didasari faktor nonekonomi. Setiap negara yang berdaulat pasti ingin membuka kerja sama, hubungan politik, dan dukungan negara lain.

e. Keinginan Memperoleh Keuntungan dan Meningkatkan Pendapatan Negara

Setiap kerja sama ekonomi yang dijalankan Indonesia pada dasarnya dilandasi keinginan untuk memperoleh keuntungan. Bentuk keuntungan misalnya pemasukan devisa negara dari kegiatan ekspor.

Indonesia tengah menggalakkan ekspor komoditas nonmigas, misalnya barang-barang kerajinan. Selain devisa, keuntungan dalam kerja sama juga berupa transfer teknologi dan keahlian dari negara maju.

Tujuan Kerja Sama Ekonomi antar negara

Kerja sama ekonomi antarnegara memiliki tujuan sebagai berikut.

a. Meningkatkan Ekspor Impor

Kegiatan ekspor impor merupakan bentuk hubungan dagang antarnegara. Untuk memperlancar ekspor impor, Indonesia bergabung dalam organisasi perdagangan sehingga mengetahui kebijakan perdagangan antarnegara.

Dengan begitu, Indonesia bisa meningkatkan kinerja ekspor tanpa melanggar aturan.

b. Mempercepat Pembangunan Nasional

Kerja sama ekonomi antarnegara berguna untuk mendapatkan modal dan bantuan pembangunan. Kebutuhan dana tersebut disalurkan melalui Bank Pembangunan Asia, Bank Dunia, atau lembaga keuangan internasional lainnya.

c. Membebaskan Negara dari Keterbelakangan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi tiap-tiap negara berbeda-beda. Ada yang maju, ada pula yang masih tertinggal. Kerja sama ini diharapkan mampu mengurangi ketertinggalan melalui pemberian bantuan berupa modal, teknik, dan sumber daya manusia yang ahli.

d. Mempererat Jalinan Persahabatan Antarnegara

Kerja sama ekonomi antarnegara melibatkan beberapa negara. Keterlibatan negara-negara di dunia dapat mempererat persahabatan antarnegara di dunia. Kondisi ini memberikan sinyal positif dalam menjaga persaudaraan antarnegara.

e. Memelihara Perdamaian Dunia

Perdamaian merupakan salah satu cita-cita yang diharapkan oleh setiap negara. Untuk mewujudkan perdamaian dibutuhkan peran aktif beberapa negara di dunia. Perdamaian dunia dapat terwujud melalui kerja sama ekonomi antarnegara.
loading...

0 Response to "Tujuan dan Faktor Pendorong Kerja Sama Ekonomi Internasional"

Post a Comment